Rabu, 27 Desember 2017 merupakan jadwal ujian mata kuliah Praktikum Pembuatan Alat Peraga Matematika. Setiap kelompok mahasiswa diwajibkan untuk mempresentasikan alat peraga matematika yang telah dibuat di depan minimal 2 dosen penguji dan 5 guru matematika dari sekolah mitra Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Praktikum Pembuatan Alat Peraga Matematika merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ditempuh pada Semester 7 di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa tentang alat peraga sebagai media pendukung dalam pembelajaran matematika. Pada mata kuliah ini, mahasiswa secara berkelompok diwajibkan untuk membuat kreasi alat peraga matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA). Gambar di bawah ini menunjukkan beberapa contoh alat peraga karya mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS.

Alat Peraga di Ruang Display Laboratorium Pembelajaran Matematika

Dalam pembuatan alat peraga matematika, terdapat beberapa tahap yang harus di lalui mahasiswa. Tahap Pertama,  mahasiswa melakukan observasi ke 1 SMP dan 1 SMA dan menganalisis kebutuhan alat peraga matematika. Tahap Kedua, merancang minimal 3 judul alat peraga matematika dan mempresentasikan konsep pembuatan dan penggunaan alat peraga tersebut di depan seorang dosen pembimbing. Tahap Ketiga, dengan bimbingan dosen, mahasiswa memilih satu judul alat peraga, memantapkan konsep, dan menyusun proposal pembuatan alat peraga. Tahap Keempat, mahasiswa melaksanakan praktikum di Laboratorium Pembelajaran Matematika untuk membuat alat peraga sesuai dengan proposal yang telah disusun.  Tahap Kelima, mahasiswa membuat video dan manual book penggunaan alat peraga matematika yang telah dibuat. Tahap Keenam, mempresentasikan alat peraga matematika yang telah dibuat di depan minimal 2 dosen penguji dan 5 guru matematika. Tahap Pertama sampai dengan Tahap Ketiga ditempuh selama setengah semester pertama. Sementara itu, Tahap Keempat sampai dengan Tahap Keenam ditempuh selama setengah semester kedua.

Sebagaimana disebutkan pada Tahap Kelima, selain dipresentasikan secara langsung, setiap kelompok diwajibkan untuk membuat video yang menjelaskan penggunaan alat peraga matematika yang telah dibuat. Video-video tersebut kemudian diunggah di youtube sehingga dapat diakses secara luas oleh siswa, mahasiswa, dan guru matematika. Hal ini untuk meningkatkan kemanfaatan dari alat peraga matematika karya mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS. Beberapa video dalam daftar di bawah ini merupakan contoh alat peraga karya mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS. Secara lengkap, video-video tersebut dapat diakses di akun youtube Alat Peraga Matematika FKIP UMS.

Beberapa Alat Peraga Matematika Karya Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS:

  1. Video Alat Peraga Operasi 2 Bilangan Bulat
  2. Video Alat Peraga Matematika Garis Singgung Dua Lingkaran
  3. Video Alat Peraga Matematika Bukti Trigonometri
  4. Video Alat Peraga Matematika Operasi Vektor
  5. Video Alat Peraga Matematika Istana Geometri

 

 

Tags: ,