“Satukan Inspirasi untuk Meningkatkan Kualitas Prodi Pendidikan Matematika yang Lebih Baik” – DIGPRO, 2018

 

 

Rabu, 14 Maret 2018, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Matematika UMS menyelenggarakan acara Dialog Prodi Pendidikan Matematika. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Seminar FEB UMS ini bertujuan sebagai bentuk audiensi antara mahasiswa dan Prodi Pendidikan Matematika UMS. Dialog Prodi diadakan secara rutin setiap tahun.

Pada tahun ini, tema yang diangkat yaitu “Satukan Inspirasi untuk Meningkatkan Kualitas Prodi Pendidikan Matematika yang Lebih Baik”. Dengan harapan adanya audiensi antara mahasiswa, dosen, dan pimpinan Prodi dapat mengevalusai pelaksanaan kegiatan akademik secara umum dan dapat membawa perubahan menuju yang lebih baik untuk kedepannya.

Acara inti dalam Dialog Prodi ini adalah penyampaian informasi dan prakata dari Ketua Prodi, Pembacaan hasil angket dosen dan mahasiswa, serta sesi tanya-jawab. Prakata dari Dra. Sri Sutarni, M.Pd. selaku Ketua Prodi Pendidikan Matematika UMS terkait informasi akademik mahasiswa dan persiapan akreditasi Prodi. Selanjutnya yaitu pembacaan hasil angket dosen dan mahasiswa. Angket audiensi diberikan pada dosen dan mahasiswa dengan tujuan agar terdapat dua sudut pandang yang berbeda terkait pelaksanaan kegiatan di Prodi. Angket dosen berisi tentang kegiatan perkuliahan, cara berpakaian mahasiswa, fasilitas dan pelayanan prodi, laboratorium, serta kritik dan saran dosen untuk prodi dan mahasiswa, sedangkan angket mahasiswa terkait dengan pelaksanaan perkuliahan, laboratorium komputer dan microteaching, ruang baca, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP), serta beasiswa. Secara umum, pelaksanaan kegiatan akademi di Prodi Pendidikan Matematika telah berjalan dengan baik, mayoritas dosen dan mahasiswa datang tepat waktu saat perkuliahan, cara berpakaian mahasiswa sudah sopan,  dan fasilitas penunjang perkuliahan dan laboratorium sudah memadai tetapi perlu ada perawatan dan pengembangan yang baik. Pada sesi tanya jawab, mahasiswa dapat menyampaikan pertanyaan, mengkonfirmasi, serta memberikan saran dan kritik terkait pelaksanaan kegiatan akademik di Prodi Pendidikan Matematika. Selain itu, Bapak Ibu dosen serta pimpinan Prodi dapat memberikan konfirmasi, kritik dan saran terkait hasil angket dan tanggapan dari mahasiswa. Dengan demikan, baik mahasiswa, dosen, dan pimpinan prodi dapat mengetahui keadaan dan pelaksanaan kegiatan akademik secara nyata.

Melalui kegiatan Dialog Prodi ini, diharapkan dapat bersama-sama (mahasiswa-dosen-pimpinan prodi) menuju kebaikan Prodi Pendidikan Matematika UMS.

 

Tags: , , ,