Tim Futsal Matematika UMS melaju ke perdelapan final setelah meraih poin penuh di babak penyisihan dengan menyingkirkan lawan-lawannya. Anak Boyo FC yang merupakan nama tim dari matematika UMS tersebut menyapu bersih dua laga penyisihan melawan tim dari UNY dan UNPAD dengan masing-masing menang telak 5-1 dan menang tipis 3-2. Semangat juang yang dibawa Anak Boyo FC jauh-jauh dari Solo tidak sia-sia. Berbekal semboyan “Do’a Ibu” yang mana filosofi tersebut mengandung arti Do’a yang paling mujarab disamping do’a orang yang teraniaya dan juga do’a musafir (HR. Bukhori & Muslim).

Math Cup merupakan salah satu ajang pertandingan futsal mahasiswa bergensi yang diadakan oleh Himatika UNNES Semarang. Pada tahun 2018, kompetisi futsal diadakan dengan jangkauan wilayah Pulau Jawa. Math Cup 2018 diikuti oleh 19 tim futsal yang terdiri dari berbagai universitas seperti UNY, UM Purwokerto, UNPAD, UNNES, IAIN Salatiga, UGM, UNS, UM Purworejo, UMS, dan lain-lain. Tim Anak Boyo FC ini beranggotakan Gun, Anwar, Agnes, Heri, Boby, Tomi, Elvin, Dobby, Ali, Dandi, dan Doni.

Di babak 8 besar, tim futsal matematika UMS melawan himatika IAIN Salatiga dengan skor imbang 1-1. Stelah melakukan pinalti, Anak Boyo FC memenangkan penalty dengan skor 2-1 dan lolos ke babak semi final. Di babak semi final, tim futsal matematika UMS bertanding melawan tim himatika UNNES. Hasinya, pertandingan diakhiri 3-2 oleh tim futsal matematika UMS.

Final antara Anak Boyo FC UMS melawan Himatika UMP dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya. Skor awal dipimpin Anak Boyo lalu dibalas Himatika UMP dan di-come back Anak Boyo FC namun dibayar lunas dengan gol kelima dari Himatika UMP di lima menit terakhir babak kedua. Dengan berat hati dan kelapangan dada UMP akhirnya menjuarai math cup 2018 se-Jawa dengan skor akhir 5-4 untuk kemenangan yang tertunda untuk Anak Boyo FC. Salam “Do’a Ibu”.

Sesampainya di Universitas Muhammadiyah Surakarta tercinta, piala yang didapat Anak Boyo FC diserahkan kepada Ibu Sri Sutarni selaku kaprodi yang terkenal selalu mendoakan mahasiswanya yang terbaik. “Kami kemarin berjuang dari Do’a Ibu, Do’a Ibu Kaprodi Pend. Matematika tercinta, semoga akreditasi ‘A’ melekat tahun ini” Celoteh caption salah satu punggawa Anak Boyo FC di akun instagram. Kemenangan tim futsal matematika UMS diharapkan dapat menjadi semangat berkompetisi bagi mahasiswa dalam hal-hal yang positif, serta dapat membawa nama baik Prodi Pendidikan Matematika UMS.

 

Tags: , , ,