Professor Bill Atweh merupakan visiting Professor Philippines Normal University dan retired Adjunct Prof Curtin University. Pada bulan April 2019, beliau melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Surakarta selama 1 bulan. Terdapat berbagai kegiatan formal dan informal yang beliau lakukan sebagai visiting Professor. Pada 23 April 2019, Prodi Pendidikan Matematika mengundang beliau dalam diskusi ilmiah rutin yang dimoderatori oleh Bapak Pujiyanto, S.Pd., M.Sc. dan dihadiri oleh dosen Prodi Pendidikan Matematika UMS.

Pada diskusi ilmiah ini, Prof Bill mengemukakan tema terkait “Mathematics Education Research in Global Context”. Terdapat banyak aspek yang didiskusikan pada kesempatan tersebut. Diantara topik pemahasannya adalah pentingnya mempelajari tren dalam penelitian Pendidikan matematika, karakteristik penelitian Pendidikan matematika dari generasi ke generasi, prespektif penelitian Pendidikan matematika, serta tantangan peneliti Pendidikan matematika di Indonesia.

Diskusi berjalan dengan baik dan lancar karena keaktifan para dosen bertanya dan feedback dari Prof Bill yang memuaskan. Catatan menarik pada diskusi kali ini terkait tantangan para peneliti Pendidikan Matematika di Indonesia adalah bagaimana membuat penelitian Pendidikan Matematika di Indonesia dapat berskala internasional, tetapi masih memiliki dasar kondisi dan pengetahuan lokal. Selain itu, peneliti di Indonesia harus membuat jejaring akademik dengan para peneliti internasional. Hal tersebut bertujuan untuk menjadikan hasil penelitian para peneliti di Indonesia dapat dijadikan referensi secara global. Dua tantangan tersebut yang harus dijawab oleh para dosen agar kualitas penelitian dan publikasi ilmiah semakin baik.

 

 

 

Tags: