Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu program unggulan dan ajang bergengsi bagi mahasiswa di tingkat nasional. PKM diadakan secara rutin setahun sekali oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). Alhamdulillah, pada tahun anggaran 2019, dua tim PKM Prodi Pendidikan Matematika lolos seleksi pendanaan ini.

COGAN: Congklak Bilangan, merupakan PKM pertama yang lolos pendanaan Ristekdikti. COGAN juga merupakan karya inovatif dari mahasiswa untuk membuat alat peraga materi bilangan, khusunya pemfaktoran prima, KPK, dan FPB bagi siswa sekolah dasar. Alat peraga ini didesain seperti congklak, permainan tradisional yang hampir punah karena adanya permainan berbasis IT maupun game online. Oleh karena itu, dengan COGAN, diharapkan siswa-siswa SD dapat melestarikan kebudayaan permainan tradisional berikut juga mempelajari matematika dengan menyenangkan. PKM ini merupakan PKM Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di SDN Karangasem 3. Tim PKM COGAN terdiri dari Ana Muslihatun, Lutfianisa Cahyaningtyas, Rangga Narendra La Hasaleh K, Ridhy Nizar F, dan Erwin Uswatun Nisa dan dibimbing oleh Ibu Christina Kartika Sari, S.Pd., M.Sc.

Simbah Lawe: Snake Game dari Limbah Benang Lawe, sebagai PKM kedua, merupakan karya inovasi dalam pembelajaran matematika. Karya ini merupakan hasil pengolahan limbah benag lawe yang dijadikan sebagai alat peraga matematika. PKM ini merupakan PKM Kewirausahaan yang dipasarkan baik kepada siswa sekolah maupun guru-guru sebagai media dalam pembelajaran matematika. Tim PKM Simbah Lawe terdiri dari Nizar Setya Graha, Atik Mustikaningrum, Diesma Werdina Iswandari, Mufti Khoirunnisa’, Ahmad Zulfakar dan dibimbing oleh Ibu Nida Sri Utami, S.Si., M.Sc.

Pada 28 Juni 2019, kedua tim telah melaksanakan monitoring dan evaluasi dari tim ristek dikti dan memperoleh feedback yang baik dari berbagai pihak. Besar harapan Prodi Pendidikan Matematika agar kedua tim dapat lolos menuju PIMNAS 2019. Namun, lebih dari itu, kedua PKM ini merupakan wujud kontribusi baik dari mahasiswa, dosen, dan juga Prodi Pendidikan Matematika UMS dalam pengembangan keilmuan bagi masyarakat. Semoga karya ini menjadi karya inovatif yang bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tags: , ,