(Surakarta, 10 Desember 2019) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS menyelenggarakan kegiatan kuliah umum bagi mahasiswa semester 1. Salah satu tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi bagi mahasiswa baru dalam menempuh studi di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS dan menumbuhkembangkan literasi digital sebagai pendukung bagi berkembangnya literasi matematika, di mana kedua kecakapan tersebut merupakan tuntutan kompetensi abad 21.

Foto Bersama Pembicara, Dosen, dan Mahasiswa

Oleh karena itu, kuliah umum kali ini mengambil tema “Integrasi Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Matematika” dengan pembicara Dr. Suparman, M.Si., DEA. (dosen Universitas Ahmad Dahlan) dan Bapak Naufal Ishartono, M.Pd. (dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta). Bapak Dimas Adila Putra, M.Cs. menjadi moderator dalam kegiatan kuliah umum ini. Kegiatan berlangsung selama tiga jam dengan sesi penyampaian materi secara bergantian oleh kedua pembicara dan sesi diskusi.

Pembicara pertama, Dr. Suparman, M.Si. memaparkan bagaimana teknologi pada umumnya berkembang sangat pesat di era revolusi industri 4.0. Dr. Suparman, M.Si. juga menyampaikan ketrampilan-keterampilan yang perlu dikuasai mahasiswa pada pembeajaran di abad 21, yaitu: learning & innovation skills, life and career skills, Information, Media, & Technology skills dan kaitannya dengan pendidikan matematika.

Selanjutnya, pemicara kedua Bapak Naufal Ishartono, M.Pd. memaparkan tentang keterampilan lain yang perlu dikuasai mahasiswa pada proses pembelajaran abad 21 yaitu: learning skills (critical thinking, collaboratin, & communication), literacy skills (information, media, & technology life skills (flexibility, leadership, initiative, productivity, & social). Bapak Naufal Ishartono, M.Pd. juga menambahkan hal-hal yang perlu difokuskan oleh mahasiswa pendidikan matematika pada setiap jenjang semester, mulai semester pertama hingga semester akhir. Pada bagian ini juga dipaparkan gambaran kondisi dunia kerja secara global, jenis-jenis pekerjaan yang menjadi trend maupun yang sudah mulai berkurang peminatnya, serta peluang calon lulusan pendidikan matematika yang menguasai teknologi dalam mendukung pembelajaran matematika.

Salah Satu Mahasiswa yang Mengajukan Pertanyaan pada Sesi Diskusi

Kuliah umum merupakan kegiatan rutin tahunan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa memperoleh wawasan mengenai isu-isu global dan implikasinya pada pembelajaran matematika, termasuk pesatnya perkembangan teknologi dan integrasinya pada pembelajaran matematika. Dengan demikian, mahasiswa akan memperoleh wawasan dan keterampilan yang memadai sebagai bekal menjadi calon guru yang profesional.

 

Tags: ,