Home » KNPMP II

KNPMP II

 

knpmp

Mewujudkan Indonesia yang berkemajuan merupakan salah satu amanat UUD 1945 yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Memajukan kesejahteraan umum dimaknai sebagai memajukan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia di berbagai dimensi. Mencerdaskan kehidupan bangsa diartikan sebagai memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada seluruh bangsa Indonesia untuk mewujudkan bangsa yang cerdas secara intelektual, moral, maupun emosional.
Untuk mewujudkan Indonesia yang berkemajuan, diperlukan inovasi di berbagai bidang, termasuk IPTEK dan pendidikan. Telah banyak inovasi di bidang IPTEK, khususnya matematika, yang mampu memberi sumbangan pada kemajuan IPTEK dan membantu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh bangsa. Di bidang pendidikan, berbagai inovasi pembelajaran telah dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir matematis siswa dan meningkatkan kecakapan siswa dalam mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari maupun di tingkat yang lebih tinggi.
Matematikawan serta pendidik bidang matematika diharapkan dapat berperan akif dalam menghasilkan inovasi-inovasi untuk mendukung terwujudnya cita-cita Indonesia yang berkemajuan. Inovasi-inovasi tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam kemajuan di bidang IPTEK dan pendidikan yang bertujuan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu, Konferensi Nasional II Penelitian Matematika dan Pembelajarannya yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS mengambil tema “Inovasi Matematika dan Pembelajarannya untuk Indonesia yang Berkemajuan”. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengomunikasikan hasil-hasil penelitian dalam bidang matematika dan pembelajaran matematika.