Home » Diskusi Ilmiah Dosen Tentang R&D, Problem Solving, Problem Posing, dan PBL oleh Prof. Dr. Sutama, M.Pd. dan Idris Harta, Ph.D.

Diskusi Ilmiah Dosen Tentang R&D, Problem Solving, Problem Posing, dan PBL oleh Prof. Dr. Sutama, M.Pd. dan Idris Harta, Ph.D.

Dosen, sebagai scientist dan professional educator, memiliki tiga tugas utama yang harus diemban yaitu sebagi pengajar dimana dituntut untuk mampu mentransformasikan ilmu yang dimilikinya, sebagai ilmuwan yang harus mampu mengembangkan ilmu dan teknologi yang dikuasai, dan sebagai abdi masyarakat dimana memiliki kewajiban harus dapat menyebarluaskan ilmu, teknologi, dan informasi yang sudah dimiliki untuk dapat digunakan oleh masyarakat seluas-luasnya. Ketiga tugas utama tersebut tentulah harus didukung oleh kemampuan yang mumpuni, sehingga tidak ada atau meminimalisir kemungkinan terjadi pohon kesalahan selama menjalankan ketiga tugas tersebut.

Khusus dalam tugas sebagai peneliti dan pengajar, kedua tugas utama tersebut memiliki kontribusi yang sangat besar dalam proses perkembangan ilmu pengetahuan yang ada. Oleh sebab itu, dasar-dasar penelitian dan pembelajaran tentunya wajib dikuasai oleh dosen supaya dapat mentrasnferkan dan mengembangkan ilmu yang mereka miliki dengan tepat. Salah satu dasar penelitian yang harus dikuasai oleh dosen adalah dasar penelitian Research and Development (R&D) yaitu penelitian yang digunakan untuk mengembangkan suatu alat atau metode guna tujuan tertentu. Sedangkan untuk tugas pembelajaran, beberapa dasar-dasar pembelajaran yang wajib dipahami oleh dosen adalah metode pembelajaran problem solving, problem posing, dan problembased learning dimana masih ditemui pemahaman ketiga metode pembelajaran tersebut yang terbolak-balik. Oleh karena itu, Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMS merasa perlu untuk mengadakan sebuah diskusi ilmiah yang membahas topik-topik tersebut.

Adapun program tersebut sudah dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 6 Januari 2017 di Ruang Sidang FKIP UMS oleh pembicara Prof. Dr. Sutama, M.Pd. dan Idris Harta, Ph.D. Program yang dimoderatori oleh Naufal Ishartono, M.Pd. tersebut dibuka oleh Ketua Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMS Dr. Sumardi, M.Si. Lalu dilanjutkan oleh presentasi dari dua pembicara dimana kedua pembicara tersebut adalah dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMS. Selaku pembicara pertama, Prof. Dr. Sutama, M.Pd. mempresentasikan topik R&D dimana dalam kesempatan tersebut Beliau memaparkan definisi, langkah-langkah serta jenis-jenis penelitian R&D seperti Dick and Cerey, Borg & Gall, ADDIE, dan lain-lain. Tidak hanya itu, Beliau juga memberikan contoh penelitian R&D yang sedang dilakukan oleh bliau dimana sudah memasuki tahun ketiga sehingga presentasi Beliau menjadi lebih komprehensif.

Selanjutnya, pembicara kedua yaitu Idris Harta, Ph.D. mempresentasikan materi tentang problem solving, problem posing, dan problembased learning dengan secara rinci. Presentasi Beliau menjadi lebih menarik tatkala Beliau memperjelas perbedaannya ketiga metode tersebut melalui contoh-contoh soal dan kondisi dari ketiga metode pembelajaran tersebut sehingga dengan mudah dapat dipahami oleh peserta diskusi ilmiah. Seusai pemaparan materi dari kedua pembicara tersebut, dilakukanlah sesi tanya-jawab yang dilakukan sebanyak dua termin, yang dilanjutkan pada sesi penutup. Tentunya harapan dari diadakannya program ini adalah pada akhirnya dapat memperjelas dan memperluas kazanah para dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMS perihal jenis penelitian R&D dan metode pembelajaran problem solving, problem posing, dan problembased learning.14e0f283-a58d-4d31-9a6e-4e04763b9844 858abdc4-502f-4e86-ad59-c3f2d3575a90 0556eaa9-5013-4292-8a9d-32ea29ae3cc3 344f8dfe-6d43-4a36-b5eb-4dc738dfe28f