Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS saat ini telah memiliki himpunan alumni yaitu ADIKA UMS (Alumni Pendidikan Matematika UMS) yang terbentuk tanggal 24 Maret 2004 dan berpusat di Surakarta, dan hingga saat ini telah membentuk cabang-cabangnya di sebagian besar Propinsi/Kabupaten/Kota di Indonesia guna menampung para lulusannya yang tersebar di hampir seluruh penjuru tanah air.

Tujuannya adalah sebagai wadah bagi para alumni PS Pendidikan Matematika FKIP UMS untuk mengembangkan diri dan ikut berperan sertadalam memajukan PS. Organisasi ini memiliki 5 bidang, diantaranya adalah Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Bidang Informasi dan Komunikasi, Bidang Pengabdian Masyarakat, dan Bidang Kerja Sama dengan Almamater. Masing-masing mempunyai program kerja yang terselenggara dengan berkolaborasi melibatkan PS maupun mandiri.

Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan ADIKA sebagai wujud kontribusi dalam mengembangkan PS baik dalam bidang akademik dan non-akademik berikut hasil yang diperoleh.

Partisipasi ADIKA dalam mendukung pengembangan PS di bidang akademik:

Sumbangan Dana

ADIKA terlibat secara rutin sebagai donatur (penyumbang dana)  kegiatan akademik seperti seminar nasional dan olympiade, workshop, training, sarasehan alumni. Dengan adanya pemberian dana ini pelaksanaan kegiatan bisa berjalan  lancar.

Sumbangan Fasiltas

Sumbangan fasilitas juga turut diberikan oleh ADIKA untuk mendukung pengembangan kegiatan akademik PS antara lain memfasilitasi tempat penelitian dan pengabdian masyarakat bagi dosen maupun mahasiswa, serta memfasilitasi tempat bagi pelaksanaan magang mahasiswa. Melalui pemberian fasilitas tersebut maka kegiatan penelitian, pengabdian, dan magang dapat berjalan dengan lancar.

Keterlibatan dalam Kegiatan Akademik

ADIKA juga terlibat dalam kegiatan akademik yang diselenggarakan oleh PS seperti kuliah umum, pembekalan calon wisudawan/wati, pelatihan-pelatihan mahasiswa, serta kegiatan penelitian dan pengabdian. Keterlibatan ADIKA dalam kegiatan akademik antara lain: (1) Sebagai narasumber kegiatan pembekalan calon wisudawan/wati untuk berbagi pengalaman dan memberikan informasi tentang perkembangan dunia kerja, seperti peta kebutuhan guru dan kompetensi unggulan lulusan yang dibutuhkan. Kegiatan ini dilakukan setiap periode wisuda UMS yaitu bulan Maret, Mei, September, dan Desember. Hasil dari kegiatan tersebut dapat membuka pandangan masa depan calon wisudawan sehingga diharapkan dapat membentuk lulusan yang siap dan cakap dalam menghadapi dunia kerja, (2) Berkontribusi dalam kegiatan tahunan kuliah umum PS Pendidikan Matematika sebagai narasumber. Hasil dari kegiatan ini adalah membentuk mahasiswa yang mampu menggabungkan semua kompetensi yang telah diperoleh sehingga terlahir mahasiswa yang lebih produktif, kreatif, dan professional, (3) Berkontribusi dalam kegiatan tahunan Pengembangan Softskill PS Pendidikan Matematika  sebagai narasumber kegiatan LKMMD. Hasil dari kegiatan ini adalah membentuk mahasiswa yang mempunyai kemampuan kepemimpinan dan mengelola organisasi, (4) ADIKA berkolaborasi dengan PS dalam pelaksanaan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas di sekolah. Hasil kegiatan ini selain meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas juga mampu meningkatkan produktifitas dosen dalam kegiatan penelitian, (5) ADIKA berkolaborasi dengan PS dalam kegiatan Pengabdian pada masyarakat (guru) seperti pelatihan-pelatihan  penyusunan perangkat pembelajaran K13, pengembangan media pembelajaran, serta penyusunan proposal penelitian tindakan kelas dan karya ilmiah. Hasil kegiatan ini selain mampu mengembangkan profesionalisme guru juga meningkatkan karya pengabdian dosen.

Pengembangan Jejaring

Pengembangan jejaring telah dibangun antara ADIKA dan PS Pendidikan Matematika dengan mengadakan kegiatan temu alumni secara berkala. Kegiatan ini dikemas dalam kegiatan akademik seperti seminar, workshop, dan pelatihan. Kegiatan ini menghasilkan database alumni untuk mendukung pengembangan akademik PS.

 

Partisipasi ADIKA dalam mendukung pengembangan PS di bidang non akademik:

Sumbangan Dana

ADIKA turut memberikan bantuan dana sukarela dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan oleh pengurus ADIKA, seperti bakti sosial, alumni back to school, buka puasa bersama, pengajian, bantuan bencana. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya kerjasama ADIKA dan PS dalam kegiatan non-akademik.

Sumbangan Fasilitas

ADIKA turut memfasilitasi kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh PS, seperti penyediaan fasilitas mobil  dalam penyaluran bantuan korban bencana alam dan pembagian sembako serta penyediaan fasilitas tempat pelaksanaan pengabdian. Dengan adanya sumbangan fasilitas tersebut, pelaksanaan pengabdian pada masyarakat dapat berjalan dengan lancar.

Keterlibatan dalam kegiatan non akademik

ADIKA menyelenggarakan kegiatan bakti sosial yaitu pemberian bantuan kepada korban bencana alam, gelandangan, fakir, miskin, serta penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat. Selain itu berperan dalam beberapa kegiatan sosial lainnya seperti bedah rumah gratis, periksa dan pengobatan gratis, pembagian sembako, buka bersama, santunan tas dan buku, bantuan pendidikan, khitan gratis, dan bantuan belanja gratis untuk keluarga yatim / piatu / fakir miskin. Hasil  kegiatan ini adalah adanya dukungan ADIKA dalam kegiatan-kegiatan pengembangan non akademik yang dilaksanakan oleh PS.

Pengembangan Jejaring

ADIKA juga melakukan pengembangan jejaring dengan membuat wadah alumni dalam berbagai jejaring sosial seperti forum komunitas alumni, grup facebook, dan grup Whatsapp.  Kegiatan pengembangan jejaring bertujuan agar antar alumni dan program studi dapat saling bertukar  informasi khususnya bidang  non akademik seperti adanya musibah bencana alam di suatu tempat serta komunitas atau masyarakat yang memerlukan bantuan. Hasil kegiatan pengembangan jejaring ini adalah semakin lancarnya informasi-informasi yang diperoleh PS berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat dalam bidang non-akademik.