KOLABORASI BERBUAH PRESTASI: P. MAT – PTI JUARA 1 LOMBA MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Universitas Muhammadiyah Surakarta meraih Juara 1 Lomba Media Pembelajaran Matematika Tingkat Nasional di IAIN Salatiga, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Pendidikan Matematika yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika (HIMATIKA) IAIN Salatiga.

Kolaborasi antara 2 mahasiswa Pendidikan Matematika (Diesma Werdina Iswandari dan Ana Muslihatun) dan 1 mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (Nur Widiyanto) menghasilkan media pembelajaran digital pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Media pembelajaran ini dirancang dengan memanfaatkan software Adobe Flash Cs6, Adobe Affter Effect Cs 6, Adobe Premier Cs 6. Keunggulan dari media pembelajaran ini di antaranya adalah visualisasi yang menarik dan sesuai dengan karakter siswa SMP serta terdapatnya evaluasi individu yang melatih siswa belajar secara mandiri.

Dalam tahap final yang dilaksanakan di IAIN Salatiga pada 25-27 Oktober 2018 di IAIN Salatiga, tim UMS menjadi salah satu dari 10 finalis yang terseleksi dan berkesempatan mempresentasikan media pembelajaran matematika yang telah dihasilkan. Tim UMS meraih Juara 1 dengan skor tertinggi yaitu 1355. Sementara itu, Juara 2 dan Juara 3 berturut-turut diraih oleh tim dari IAIN Salatiga dan tim dari Universitas Ahmad Dahlan.

Peraih Juara 1, 2, dan 3 Lomba Media Pembelajaran Matematika di IAIN Salatiga

Sesuai dengan tema dari kegiatan Lomba Media Pembelajaran Matematika ini, “Inovasi Media Pembelajaran untuk Menyokong Pendidikan Matematika di Era Millenial”, diharapkan media pembelajaran yang telah dihasilkan dapat memberikan kontribusi pada pendidikan matematika. Selanjutnya, menghasilkan berbagai inovasi di bidang pendidikan matematika akan terus menjadi fokus dari Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS.

Kolaborasi dengan berbagai bidang keilmuan, salah satunya Pendidikan Teknik Informatika merupakan upaya untuk mendukung terciptanya inovasi-inovasi yang unggul untuk pembelajaran matematika sesuai dengan kebutuhan siswa di Era Millenial. Hal ini merupakan bentuk komitmen dalam upaya mewujudkan visi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS, yaitu menjadi pusat pengembangan pendidikan matematika yang profesional, inovatif, dan islami.