SEMPOA V: Ajang Kompetisi dan Pengembangan Kompetensi Siswa dan Mahasiswa Matematika

(Surakarta, 15 September 2019) Bidang Penalaran dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) HMP Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta telah selesai menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Oimpiade Matematika (SEMPOA). SEMPOA merupakan salah satu kegiatan berkategori BSE (Big Special Event) yang dilaksanakan setiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pada penyelenggaraan SEMPOA yang kelima ini, panitia juga bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Semarang.

Melalui empat rangkaian kegiatan utama, yaitu seminar nasional, pameran alat peraga, olimpiade matematika, dan lomba media pembelajaran matematika, SEMPOA V memiliki tujuan untuk menambah wawasan mahasiswa di bidang pendidikan matematika sekaligus sebagai ajang kompetisi bagi siswa dan mahasiswa. SEMPOA Tahap 1 dilaksanakan pada hari Minggu, 23 Juni 2019, pukul 07.00-12.00 WIB dengan kegiatan Seminar Nasional dan Lomba Media Pembelajaran Matematika Tingkat Nasional. Selanjutnya SEMPOA Tahap 2 dilaksanakan pada hari Minggu 8 & 15 September 2019 dengan kegiatan Olimpiade Matematika se-Jawa Tengah dan Pameran Alat Peraga Matematika.

Seminar Nasional dengan tema “Optimalisai Peran Internet dan Sosial Media di Era Revolusi Industri 4.0” menghadirkan Dr. Suning Kusumawardani, S.T., M.T. (Deputy director Center of Academic Innovation and Studies at UGM) dan Masduki, S,Si., M.Si. (Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS) sebagai pembicara. Tema yang kekinian dan sesuai dengan perkembangan jaman membuat peserta yang terdiri dari mahasiswa, guru, dan dosen mengikuti kegiatan seminar dengan antusias.

Kegiatan Seminar Nasional

Lomba media pembelajaran matematika yang diikuti oleh 33 tim dari seluruh Indonesia menghadirkan 5 tim sebagai finalis untuk memperebutkan gelar Juara I, Juara II, Juara III, Juara Harapan I, dan Juara Harapan II. Berdasarkan hasil penilaian dewan juri pada babak final ini, Media Pembelajaran 3 Dimensi karya mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha memperoleh Juara I. Sementara itu, Juara II dan Juara III diperoleh oleh Admal Education karya mahasiswa Universitas Sebelas Maret dan s-GEAR karya mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Selanjutnya, Math Aritmatri karya mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dan Lagan Siw karya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta memperoleh Juara Harapan I dan Juara Harapan II.

Lomba Media Pembelajaran Matematika Tingkat Nasional

Pada SEMPOA Tahap 2, babak penyisihan Olimpiade Matematika diadakan di Surakarta (Universitas Muhammadiyah Surakarta) dengan diikuti oleh 82 peserta dan di Semarang (Universitas Muhammadiyah Semarang) dengan diikuti oleh 6 peserta. Pada babak final, 5 peserta berkompetisi untuk memperebutkan gelar Juara I, Juara II, Juara III, Juara Harapan I, dan Juara Harapan II. Hasil pada babak final ini menobatkan Rambang Prayoga P. (SMA N 1 Surakarta) sebagai Juara I, Dutatama Rosewika T. H. (SMA N 4 Semarang) sebagai Juara II, Bachtiar R. M. (SMA N 1 Andong) sebagai Juara III, Jovan Brian (SMA N 1 Sedes Sapientiae) sebagai Juara Harapan I, dan Yoga Muthohar (SMA N 1 Simo) sebagai Juara Harapan II.

Babak Final Olimpiade Matematika se-Jawa Tengah

Kegiatan Olimpiade Matematika ini, juga dimeriahkan kegiatan Pameran Alat Peraga. Pameran alat peraga merupakan kegiatan menampilkan alat peraga hasil karya mahasiswa Pendidikan Matematika. Harapan dari Pameran Alat Peraga dapat memberikan inspirasi kepada pengunjung baik siswa, guru, dan mahasiswa.

Pameran Alat Peraga Matematika

Harapan dari rangkaian kegiatan SEMPOA ini adalah memberikan motivasi kepada siswa dan mahasiswa untuk senantiasa meningkatkan kompetensi di bidang matematika dan pembelajaran matematika. Selain itu, melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh wawasan terkait pengelolaan pembelajaran matematika dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan mempertimbangkan perkembangan jaman.