Ketika game Pokemon pernah menjadi permainan yang sangat diminati pada masanya, konsep permainan ini dapat dilirik pakar pendidikan untuk mengadposi teknologi yang digunakan. Sebuah rancangan pengembangan media pembelajaran khususnya matematika dapat mengintegrasikan teknologi Augmented Reality. Peserta didik dapat memperoleh konsep matematika dengan menyenangkan seperti memainkan sebuah game melalui teknologi ini.
Prodi Pendidikan Matematika bekerjasama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (disingkat PPPPTK), mengembangkan teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika. Pelatihan ini bertujuan mengenalkan dan membuat program menggunakan augmented reality kepada dosen-dosen Prodi Pendidikan Matematika UMS dan guru Matematika di Sekolah Muhammadiyah di Surakarta. Kegiatan yang berlangsung selama 1 minggu ini dilakukan secara daring mulai 24 Juni 2020. Kegiatan ini terbagi menjadi 2 aktivitas utama, yakni pengenalan dan ekspolari augmented reality, serta pembuatan media. Hasil dari pelatihan ini, terdapat 20 produk yang berhasil dibuat dengan menggunakan konsep augmented reality.