Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi – Kemendikbud dalam rangka mendorong berkembangnya wirausaha mahasiswa. Program ini diharapkan mampu melahirkan wirausahawan yang inovatif, kreatif, dan profesional dalam mengembangkan bisnisnya. Alhamdulillah, pada tahun 2021 ini terdapat satu tim KBMI dari Program Studi Pendidikan Matematika UMS yang lolos pendanaan Kemendikbud.
Tim KBMI perwakilan dari Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS adalah Tim Dasdes Media Social Media Creative Content Designer. Tim yang dimotori oleh Antok Aryuana, Abidah Rohmatillah, dan Nidaul Hasanah berkonsentrasi pada pemenuhan kebutuhan konten sosial media berbasis online untuk UMKM di Indonesia.
Pandemi Covid-19 berdampak buruk bagi sebagian UMKM yang ada di Indonesia, padahal UMKM adalah penggerak utama dalam sektor perekonomian di negara ini. Di era pandemi saat ini UMKM justru berinovasi dengan menambah jenis saluran penjualan dan pemasaran. Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dilakukan selama pandemi dilihat sebagai peluang untuk berdagang secara daring. Hal ini menyebabkan UMKM di Indonesia mulai berpindah kepada konten digital untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat.
Berdagang secara online membutuhkan trik untuk meraih pasar sosial media, salah satunya adalah dengan meningkatkan brand awareness. Brand awareness dapat diperoleh dengan cara membuat konten-konten media sosial agar dapat menarik perhatian masyarakat. Ditengah permasalahan ini, Dasdes Media hadir guna menyadarkan dan membantu para pelaku UMKM bahwa ada hal lain yang harus dipelajari kedalam sosial media dan meraih pasar didalamnya. (HMP/Abidah Rohmatillah)