Kenapa sih harus ada skripsi? Sukses Skripsi Dengan OBE (Outcome Based Learning)

Kamis (09/05/2023). Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memberikan sejumlah pelatihan bagi mahasiswa semester 6 dalam menghadapi skripsi. Acara dimulai pukul 13.00 WIB dan dibuka oleh ketu program studi Pendidikan Matematika FKIP UMS, Bapak Dr. Muhammad Noor Kholid, S.Pd., M.Pd. Dalam, sambutan nya, beliau menyampaikan bahwa penting bagi mahasiswa untuk mempunyai bekal dalam mengerjakan skripsi. Prodi menyelenggarakan pelatihan dalam bentuk Webinar Series Skripsi yang akan dilaksakanan dalam 4 seri. Topik pada seri-seri tersebut diataranya adalah penggunaan sistem informasi myskripsi, Mendeley Reference Manager, Stretegi Pemcarian Referensi untuk artikel luaran skripsi, dan penulisan artikel luaran skripsi yang baik. Webseries ini sebagai upaya prodi untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil skripsi,  serta menaikkan angka kelulusan tepat waktu (KTW).

Seri pertama ini menghadirkan narasumber yakni Ibu Nuqthy Faiziyah, S.Pd., M.Pd, dosen UMS sekaligus sebagai Biro Skripsi Program Studi yang mengambil tema “Sukses Skripsi dengan OBE (Outcome Based Learning)”.

Materi yang disampaikan narasumber diantaranya adalah dasar dan tujuan mata kuliah skripsi. Peserta diberikan pengetahuan tentang dasar adanya mata kuliah skripsi dalam pendidikan sarjana dan kenapa harus ada skripsi. Selain itu, disampaikan pula penggunaan sistem informasi myskripsi.ums.ac.id. Sistem informasi ini dibuat oleh universitas untuk mengelola pelaksanaan skripsi mulai dari penetuan judul, pembimbingan, pendaftaran ujian, unggah luaran, sampai pada penialaian. Lebih lanjut, disampaikan tentang adanya 2 jalur yang dapat ditempuh mahasiswa untuk dapat lulus skripsi, yaitu melalui sidang dan jalur OBE (outcome based learning). Jalur sidang seperti proses skripsi pada umumnya, sedangkan jalur OBE, mahasiswa tidak perlu menjalani sidang tetapi mengunggah luaran skripsi yang dapat berupa artikel yang dipublikasikan pada jurnal nasional maupun internasional atau prosiding terindeks pada seminar internasional, atau hak kekayaan intelektual atas karya yang dihasilkan pada penelitian skripsi.

Sebanyak 129 peserta yang terdiri dari mahasiswa semester 6 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS mengikuti kegiatan dengan antusias. Antusiasme ini terlihat dari banyaknya peserta yang terlibat dalam sesi diskusi dan terlibat dalam sesi tanya jawab.

Secara umum webinar ini berjalan lancar dengan tanpa kendala (Inersia/Riska Ira Kusuma Hamid)