Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid19

Tantangan baru dalam dunia pendidikan saat dihadapkan dengan kondisi Pandemi saat ini adalah pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang tetap bermakna untuk peserta didik. Banyak guru yang merasa telah melakukan pembelajaran dengan mengirimkan bahan pembelajaran bagi siswa. Namun, tidak banyak yang melakukan konfirmasi dan feedback dari bahan ajar yang diberikan, sehingga banyak siswa yang mengeluhkan ketidakpahamannya terhadap materi. Penggunaan plaform pembelajaran daring juga masih jarang digunakan.

Untuk memenuhi kebutuhan guru matematika dalam menghadapi pembelajaran dalam kondisi pandemi ini, Prodi Pendidikan Matematika melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai upaya memperluas pengetahuan dan keterampilan guru baik dalam penggunaan platform pembelajaran daring, pendalaman materi matematika berorientasi PISA dan HOTS, serta pendalaman kurikulum merdeka belajar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 16-17 Juli dan 20-23 Juli 2020 ini diperuntukkan bagi guru matematika baik SMP maupun SMA Muhammadiyah di Klaten. Kurang lebih 45 guru ini mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan antusias. Kegiatan ini dilaksankan secara daring yang dibagi pada sesi pemaparan dan workshop. Pada masa pemarapan, dosen Prodi Pendidikan Matematika secara bergantian menyampaikan paparan dan praktik terkait Schoology, Soal PISA, Soal HOTS, dan kurikulum Merdeka Belajar. Pada sesi workshop, peserta dapat mempraktikan penggunaan LMS Schoology dari pembuatan kelas hingga penyusunan kuis secara online. Selain itu, peserta juga menghasilkan soal-soal matematika yang berorientasi HOTS dan PISA.