(Surakarta, 26 Maret 2021) Bidang Kesejahteraan Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan kegiatan Dialog Program Studi (DIGPRO) yang ditujukan dari dan kepada seluruh elemen yang terdapat di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS. Kegiatan ini merupakan program kerja inti HMP Pendidikan Matematika FKIP UMS yang memiliki tujuan untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa mengenai perkuliahan daring (online) selama pandemi, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan Program Studi Pendidikan Matematika sebagai dampak dari pandemi Covid-19 ini.
Kegiatan DIGPRO 2021 ini dilaksanakan melalui media zoom meeting dan dihadiri oleh berbagai elemen yang ada di Program Studi Pendidikan Matematika yaitu Pimpinan Program Studi, dosen, dan mahasiswa Pendidikan Matematika semester 2, 4, dan 6. Kegiatan DIGPRO dimulai dengan menyebarkan angket audiensi kepada dosen dan mahasiswa mengenai kegiatan perkuliahan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan Program Studi Pendidikan Matematika yang dilaksanakan selama masa pandemi melalui google form.
Pada tanggal 26 Maret 2021, kegiatan inti DIGPRO diawali dengan pembacaan hasil angket audiensi dari dosen dan mahasiswa yang dibacakan oleh 2 orang moderator. Acara selanjutnya adalah sesi tanggapan oleh bapak/ibu dosen yang dipimpin langsung oleh Ibu Dra. Sri Sutarni, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS, berupa pernyataan klarifikasi mengenai suatu permasalahan yang sedang dialami ataupun berupa pertanyaan dari dosen mengenai hasil angket audiensi.
Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab anatara mahasiswa kepada bapak/ibu dosen mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Program Studi Pendidikan Matematika. Kegiatan DIGPRO ini menerima keluh kesah, kritik, saran dan pendapat mahasiswa tentang perkuliahan daring yang menjadi solusi untuk tetap menjalankan kegiatan belajar-mengajar ditengah penyebaran virus Covid-19. Kegiatan ini diharapkan dapat membawa perkuliahan daring menjadi lebih baik dan terstruktur sehingga semua pihak yang terlibat memperoleh hak-haknya dengan baik walaupun perkuliahan dilaksanakan tidak secara tatap muka. Selain itu, diharapkan kegiatan ini juga dapat mempererat silaturahmi dan menjadi jembatan dalam menjalin keakraban antara dosen dan mahasiswa. (HMP/Zahwa Fadilatussyifa)