Audit Mutu Internal (AMI) merupakan salah satu bukti terlaksananya siklus penjaminan mutu yang berkelanjutan di Prodi Pendidikan Matematika. AMI dilakukan dua kali dalam setahun dan pada AMI tengah tahun ini Prodi Pendidikan Matematika dilaksanakan pada Kamis, 31 Januari 2019. LJM menugaskan tiga auditor, yakni Ahmad Kholid Al Ghofari, S.T., M.T., dr. Rochmadina Suci Bestari, M.Sc., dan Azhar Alam, S.E., M.SEI. Sedangkan auditi diwakili oleh Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi 1, Sekretaris Program Studi 2, dan Kepala Laboratorium Komputasi dan Pembelajaran Matematika.
Dari hasil AMI, dokumen hasil analisis Evaluasi dosen oleh mahasiswa (EDOM) telah tersedia dan disosialisasikan kepada dosen dalam forum rapat. Meskipun rata-rata EDOM mencapai 3,28, metode pembelajaran mencapai nilai terendah sehingga prodi perlu mengagendakan program untuk penyegaran metode pembelajaran.
Dokumen mutu sebagai acuan pelaksanaan proses belajar mengajar tersedia dengan lengkap. Prodi Pendidikan Matematika juga memiliki dokumen SOP Pengelolaan Laboratorium Matematika dan ruang baca, serta beberapa dokumen yang telah disusun oleh FKIP UMS, yakni Panduan Penulisan Skripsi, Pedoman Micro Teaching, dan Pedoman KKN Pendidikan. Untuk memaksimalkan layanan kepada mahasiswa, SOP terkait laboratorium dan ruang baca dapat diunggah dalam website prodi.
Prodi Pendidikan Matematika telah memiliki rumusan CPL yang mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus. Beberapa mata kuliah mencirikan keunikan prodi, seperti Praktikum Pembuatan Alat Peraga Matematika. Luaran mata kuliah ini berupa alat peraga matematika inovatif yang ditampilkan dalam Pameran Alat Peraga Matematika sebagai diseminasi produk dan proses penilaian produk. Prodi bekerjasama dengan dosen pengampu mata kuliah ini dapat mengarahkan mahasiswa untuk mengikutsertakan karyanya pada lomba media pembelajaran, baik di tingkat nasional maupun internasional sehingga prestasi mahasiswa dapat meningkat.