Mathematics Manipulative Kits Hybrid-Exhibition: Upaya Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMS dalam Meningkatkan Kualitas Alat Peraga Matematika Karya Mahasiswa

Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan pameran alat peraga hasil karya mahasiswa yang berupa Mathematics Manipulative Kits Hybrid-Exhibition bagi mahasiswa yang menempuh mata kuliah Praktikum Pembuatan Alat Peraga Matematika. Kegiatan berlangsung pada tanggal 28 Januari 2022 dan dilaksanakan secara hybrid. Mahasiswa yang mempresentasikan alat peraga berada di gedung C Hall FKIP dan mahasiswa yang lain mengikuti secara daring dengan menggunakan pranala Zoom dan YouTube. Kegiatan pameran diikuti oleh sebanyak 304 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Praktikum Pembuatan Alat Peraga. Total alat peraga yang dibuat sebanyak 59 alat peraga yang terdiri dari 41 alat peraga fisik dan 18 alat peraga digital yang berupa media pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam software seperti Excel, Powerpoint, Geogebra, dan Matlab. Selain dengan software, mahasiswa juga membuat dari berbagai aplikasi seperti Quizizz, Kahoot, dan Liveworksheet.

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS, Dr. Muhammad Noor Kholid, M. Pd memberikan penjelasan tentang tujuan diadakannya Mathematics Manipulative Kits Hybrid-Exhibition yaitu untuk menampilkan alat peraga yang sudah dibuat mahasiswa dari praktek yang dilakukan selama satu semester dengan bimbingan dosen mata kuliah Praktikum Pembuatan Alat Peraga. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan informasi berkaitan dengan alat peraga yang sudah dibuat mahasiswa pada semester gasal 2021/2022. Dengan adanya Mathematics Manipulative Kits Hybrid-Exhibition, masyarakat dapat mengetahui alat peraga yang dibuat dan fungsinya sehingga nantinya dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami suatu materi.

Salah satu dosen mata kuliah Praktikum Pembuatan Alat Peraga, Muhamad Toyib, M. Pd menyampaikan bahwa dalam pembuatan alat peraga melalui berbagai macam tahapan. Dimulai dari observasi ke sekolah mengenai permasalahan pembelajaran yang dialami, kemudian pembuatan proposal alat peraga dengan bimbingan dosen mata kuliah. Selanjutnya pembuatan alat peraga dengan proses validasi ke berbagai pihak. Luaran dari mata kuliah ini yaitu alat peraga yang sesuai dengan kebutuhan sekolah tempat observasi, video penggunaan alat peraga, dan artikel ilmiah yang dapat didesiminasikan dalam seminar atau dipublikasikan di jurnal.

Dari kegiatan Mathematics Manipulative Kits Hybrid-Exhibition, diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan alat peraga yang sudah dibuat oleh mahasiswa kepada masyarakat secara umum khususnya para pendidik. Hal ini tentunya akan membantu guru khususnya guru matematika tingkat SMP dan SMA untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai suatu materi. Selain itu, mahasiswa juga bisa mengasah kemampuan softskill dalam hal mempresentasikan alat peraga yang dibuat, membuat video penggunaan alat peraga, dan mendiseminasikan atau mempublikasikan artikel ilmiah yang dibuat.