Psikologi Pendidikan
Deskripsi
Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk dapat memahami perkembangan peserta didik, proses belajar dan faktor-faktor serta permasalahan dalam aktivitas belajar, pendekatam pembelajaran yang ditinjau dari sudut pandang psikologi. Budaya ke-Islaman dibangun dengan rutinitas pada awal perkuliahan yaitu membaca suratsurat juz 30 serta doa Tholabul Ilmi, dan pada akhir perkuliahan membaca doa Kafarotul Majlis.Â
Capaian Pembelajaran
1. Memahami pengertian dan ruang lingkup kajian psikologi pendidikanÂ
2. Memahami perkembangan peserta didik
3. Mendeskripsikan perubahan individu karena belajar, konsep belajar, dan berbagai teori belajar
4. Mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat dalam belajar
5. Mendeskripsikan berbagai pendekatan pembelajaran ditinjau dari sudut pandang psikologiÂ
Materi
Materi perkuliahan ini meliputi: Definisi dan ruang lingkup psikologi pendidikan Konsep dasar psikologi pendidikan 1. Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik 2. Tugas-tugas perkembangan 3. Aspek-aspek perkembangan Sifat khas individu Kecerdasan (IQ), Emotional Intelegent (EQ), dan Spiritual Intelegent (SQ) Lupa dan transfer dalam belajar Konsep dan teori belajar 1. Siswa dan keluarganya 2. Siswa dan teman sebayanya 1. Masalah perilaku siswa di dalam kelas 2. Masalah perilaku siswa yang merugikan secara sosial Pendekatan pembelajaran dari sudut psikologi pendidikanÂ
Penilaian
1. Presensi
2. Tugas
3. UTS
4. UAS