Literasi ICT dalam Pembelajaran Matematika

Deskripsi

Mata kuliah Literasi ICT dalam Pembelajaran Matematika bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan dalam mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) secara efektif dalam konteks pengajaran matematika. Mata kuliah ini akan membahas aspek-aspek literasi ICT, integrasi mobile phone, model TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge), serta menekankan pentingnya etika dalam penggunaan ICT dalam pembelajaran matematika.

Capaian Pembelajaran

1. Mengembangkan Literasi ICT
2. Integrasi Mobile Phone dalam Pembelajaran Matematika
3. Model TPACK dalam Desain Pembelajaran Matematika
4. Memahami Etika dalam Penggunaan ICT
5. Mengembangkan Keterampilan Praktis

Materi

Materi perkuliahan ini meliputi: 1. Mahasiswa mampu mendefinisikan literasi ICT secara komprehensif. 2. Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat literasi ICT di era digital. 3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen-komponen kunci literasi ICT. 4. Mahasiswa mampu menganalisis peran literasi ICT dalam pembelajaran matematika. 4. Mahasiswa mampu menerapkan strategi untuk meningkatkan literasi ICT dalam pembelajaran matematika. 1. Literasi ICT dalam Pembelajaran Matematika Definisi literasi ICT Manfaat literasi ICT dalam pembelajaran matematika Tantangan literasi ICT dalam pembelajaran matematika Kompetensi literasi ICT yang perlu dikuasai guru dan siswa 2. Manfaat dan Tantangan Penggunaan ICT dalam Pembelajaran Matematika Manfaat ICT dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa Manfaat ICT dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika Manfaat ICT dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah Tantangan dalam penggunaan ICT dalam pembelajaran matematika 3. Strategi dan Model Pembelajaran Matematika yang Mengintegrasikan ICT Model pembelajaran blended learning Model pembelajaran flipped learning Model pembelajaran project-based learning Penggunaan aplikasi dan software matematika Penggunaan media sosial dan platform pembelajaran online 4. Perancangan dan Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis ICT Prinsip-prinsip desain bahan ajar matematika berbasis ICT Jenis-jenis bahan ajar matematika berbasis ICT Contoh-contoh bahan ajar matematika berbasis ICT Tips dan trik dalam mengembangkan bahan ajar matematika berbasis ICT 5. Peningkatan Kemampuan Literasi ICT Mahasiswa dalam Pembelajaran Matematika Pentingnya literasi ICT bagi mahasiswa Strategi meningkatkan literasi ICT mahasiswa Sumber belajar dan pelatihan literasi ICT A. Potensi Mobile Phone dalam Pembelajaran Matematika: Sebagai sumber belajar: Ponsel dapat digunakan untuk mengakses berbagai sumber belajar matematika, seperti ebook, video tutorial, aplikasi pembelajaran, dan website edukasi. Contoh: Khan Academy, GeoGebra, Mathway, DragonBox Algebra 5+, MalMath. Sebagai alat bantu pembelajaran: Ponsel dapat digunakan untuk melakukan simulasi, manipulasi objek matematika, dan menyelesaikan soal matematika dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Contoh: GeoGebra, WolframAlpha, Photomath, Math Playground. Sebagai media komunikasi dan kolaborasi: Ponsel dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan guru dan teman sekelas, bertukar informasi dan ide, serta menyelesaikan tugas kelompok secara online. Contoh: Google Classroom, Whatsapp, Zoom, Moodle. Sebagai alat penilaian: Ponsel dapat digunakan untuk membuat kuis dan tes online, serta memberikan umpan balik kepada siswa secara real-time. Contoh: Kahoot!, Quizizz, Socrative, Google Forms. B. Ide Kreatif Penggunaan Mobile Phone dalam Pembelajaran Matematika: Pembelajaran Berbasis Game: Guru dapat membuat game edukasi matematika menggunakan aplikasi seperti ScratchJr atau Kodular. Siswa dapat bermain game edukasi matematika yang tersedia di Google Play Store atau App Store. Pembelajaran Berbasis Proyek: Siswa dapat menggunakan ponsel untuk mengumpulkan data, melakukan penelitian, dan membuat presentasi matematika. Contoh: GeoGebra, Google Earth, Google Maps, Canva. Pembelajaran Jarak Jauh: Guru dapat menggunakan aplikasi video call seperti Zoom atau Google Meet untuk mengajar matematika secara online. Siswa dapat mengikuti pembelajaran matematika online dari mana saja dan kapan saja. Pengantar pengembangan aplikasi mobile: Definisi, sejarah, dan manfaat aplikasi mobile Platform pengembangan aplikasi mobile (Android, iOS, dll.) Jenis-jenis aplikasi mobile Desain user interface: Prinsip-prinsip desain user interface Elemen-elemen user interface Merancang user interface yang efektif dan user-friendly Pemrograman aplikasi mobile: Bahasa pemrograman untuk aplikasi mobile (Java, Kotlin, Swift, dll.) Struktur dasar program Kontrol aliran program Struktur data Pengujian aplikasi mobile: Jenis-jenis pengujian Alat-alat pengujian Menerapkan pengujian pada aplikasi mobile Teori dan strategi pembelajaran matematika: Teori belajar Strategi pembelajaran matematika Penerapan teori dan strategi pembelajaran matematika dalam aplikasi mobile ateri: Konsep TPACK: Definisi dan komponen TPACK Hubungan antara TPACK dan desain pembelajaran Penerapan TPACK dalam desain pembelajaran: Memilih teknologi yang tepat untuk pembelajaran matematika Mengembangkan strategi pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi Menilai pembelajaran yang menggunakan teknologi Contohcontoh desain pembelajaran dengan TPACK: Pembelajaran matematika dengan aplikasi mobile Pembelajaran matematika dengan video pembelajaran Pembelajaran matematika dengan simulasi Topik 1: Pengantar Etika ICT Definisi etika ICT Pentingnya etika ICT Tantangan etika ICT Topik 2: Hak Cipta dan Kekayaan Intelektual Pengertian hak cipta Jenis-jenis karya yang dilindungi hak cipta Pelanggaran hak cipta Penggunaan karya berhak cipta secara legal Topik 3: Privasi dan Keamanan Siber Pengertian privasi Ancaman terhadap privasi di dunia digital Cara melindungi privasi Keamanan siber Ancaman keamanan siber Cara melindungi diri dari ancaman keamanan siber Topik 4: Plagiarisme Pengertian plagiarisme Jenis-jenis plagiarisme Cara menghindari plagiarisme Topik 5: Etika Penggunaan Media Sosial Dampak positif dan negatif media sosial Etika berkomunikasi di media sosial Netiket.

Penilaian

1. Presensi
2. Tugas
3. UTS
4. UAS