PLP 1

Deskripsi

Budaya sekolah secara umum mengacu pada aturan, keyakinan, persepsi, hubungan, dan sikap, baik tertulis maupun tidak tertulis yang berpengaruh pada pembentukan fungsi sekolah. Istilah ini juga mencakup isu-isu yang lebih konkret seperti keamanan fisik dan emosional siswa, keteraturan ruang kelas dan ruang publik, atau sejauh mana sebuah sekolah menerima keragaman ras, etnis, bahasa, dan budaya. Budaya sekolah merupakan hasil dari pembangunan nilai-nilai, hubungan, dan aktivitas, yang di bentuk dalam sejarah kelembagaan sekolah. Siswa, orang tua, guru, kepala sekolah, dan staf lain semua berkontribusi membangun budaya sekolah mereka, sebagaimana halnya masyarakat di mana sekolah itu berada. Mahasiswa sebagai calon guru sangat perlu memiliki kesadaran akan membangun budaya sekolah yang positif. Oleh sebab itu pengenalan budaya sekolah perlu sejak awal diberikan agar mereka mampu melakukan peran mereka sebagai pendidik nantinya. Budaya keislaman dibangun dengan rutinitas pada awal perkuliahan yaitu membaca Al[1]fatihah, 5-10 ayat Al-Qur’an dan artinya, serta doa Tholabul Ilmi, sedangkan pada akhir perkuliahan membaca doa Kafarotul Majlis.

Capaian Pembelajaran

1. Menjelaskan budaya sekolah, kebijakan dan fasilitas sekolah, serta optimalisasi sumber daya pendidikan dan kesempatan belajar 
2. Menjelaskan bagaimana kurikulum diterapkan di sekolah serta pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk mendukung tercapainya tujuan kurikulum di sekolah

Materi

Materi perkuliahan ini meliputi: Visi Misi Sekolah Budaya Sekolah Kebijakan dan fasilitas sekolah Sumber daya pendidikan dan kesempatan belajar kurikulum di sekolah kegiatan ekstrakurikuler.

Penilaian

1. Partisipasi 
2. Portofolio
3. Unjuk Kerja