Kurikulum dan Pembelajaran
Deskripsi
Menyiapkan mahasiswa menuju sumber daya manusia berkualitas sehingga diperlukan kreativitas dan kedisiplinan sejak dini. Kurikulum dan pembelajaran merupakan bagian dari bidang pendidikan yang berupaya untuk menjembatani kurikulum masa sekarang dan masa yang akan datang dengan jalan pembaharuan di bidang pembelajaran yang cenderung berorientasi efisiensi dan efektivitas. Kurikulum dan pembelajaran ini diharapkan mampu membekali pengetahuan, keterampilan dan afeksi mahasiswa yang menyangkut dasar kurikulum, mengembangkan dan penyusunan kurikulum dasar dan menengah (Dasmen) dan membekali mahasiswa dengan teori-teori pembelajaran sebagai pengetahuan awal untuk melaksanakan proses pembelajaran di kelas serta pengetahuan dasar tentang pelaksanaan kurikulum 2013 di kelas, serta kurikulum merdeka. Budaya keislaman dibangun dengan rutinitas pada awal perkuliahan yaitu membaca Al-fatihah, 5-10 ayat Al-Qur’an dan artinya, serta doa Tholabul Ilmi, sedangkan pada akhir perkuliahan membaca doa Kafarotul Majlis.
Capaian Pembelajaran
1. Menelaah pengertian, fungsi, dan peranan kurikulum serta hakikat, landasan, dan prinsip-prinsip              pengembangan kurikulum
2. Menganalisis model-model kurikulum dan model-model pengembangan kurikuluM
3. Menganalisis kebijakan kurikulum yang berlaku di Indonesia
4. Membedakan makna, hakikat, serta karakteristik belajar, pembelajaran, dan pengajaran
5. Menganalisis teori-teori belajar, serta pendekatan dan model pembelajaran
Materi
Materi perkuliahan ini meliputi: Pengertian kurikulum; Peran dan fungsi kurikulum; Pengertian penyusunan kurikulum dalam pendidikan; Pengembangan kurikulum dalam pendidikan; Hakikat,landasan dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; Isi dan elemen kurikulum; Model-model kurikulum; Tujuan pengembangan kurikulum; Pendekataan dalam pengembangan kurikulum; Model pengembangan kurikulum Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pengertian belajar, pembelajaran dan pengajaran; Prinsip-prinsip belajar, makna dan ciri belajar; Elemen-elemen dasar mengajar; Konsep dan makna pembelajaran; Teori – teori belajar (behaviorisme, cognitive gestalt-filed, disiplin mental); Pendekatan belajar dan pembelajaran: pendekatan konsep dan proses, pendekatan deduktif dan induktif, pendekatan ekspositori dan heuristik, pendekatan kontekstual; Model-model mengajar dalam pembelajaran;
Penilaian
1. Presensi
2. Tugas
3. UTS
4. UAS