Perencanaan Pembelajaran Matematika
Deskripsi

Perencanaan Pembelajaran Matematika (PPM) adalah bidang studi pendidikan matematika yang mempelajari konsep perencanaan pembelajaran (design instructional) dan aplikasinya yang meliputi 1) Konsep dasar perencanaan pembelajaran matematika, 2)silabus/ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) matematika SMP, SMA, dan SMK sederajad, 3) Analisis kalender Pendidikan sekolah, Prota, Proseml/Promes, 4) Perangkat pembelajaran matematika sekolah (RPP/modul ajar, LKPD, dan instrument penilaian), 5) Merancang RPP/modul  ajar matenatika sekolah, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan instrument penilaian.

Dalam mata kuliah PPM ini juga diintegrasikan nilai-nilai ke-Islam-an yang memadukan antara perencanaan pembelajaran matematika dengan nilai-nilai ke-Islam-an yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadits. Terdapat beberapa konsep matematika yang lain dalam Al-Qur’an yang dapat diintegrasika dalam pembelajaran matematika, seperti: penjumlahan, perkalian, garis dan sudut, himpunan dan lain-lain. Mengintegrasikan nilai-nilai ke-Islam-an juga dilakukan dengan merencanakan kegiatan pembelajaran yang dapat membentuk dan mengembangkan karakter siswa dalam pembelajaran matematika, seperti: religius, jujur, disiplin, bertanggung jawab, saling menghormati, saling menghargai, dan lain-lain. Pembiasaan atau budaya keislaman dibangun dengan rutinitas pada awal perkuliahan yaitu membaca Al-fatihah, surah pendek pada Al-Qur’an, dan doa Tholabul Ilmi. Pada akhir perkuliahan ditutup dengan membaca doa Kafaratul Majelis.

Mata kuliah PPM juga mengintegrasikan kearifan local warisan budaya sebagai ide dalam memahami matematika yang kemudian bisa dikembangkan, dibangun, dirumuskan, dan diterapakan melalui berbagai cara dalam pembelajaran matematika, seperti konteks batik, makanan daerah, dan lain-lain. Pada Batik Kawung Yogyakarta terdapat motif yang membentuk pola barisan aritmatika dan deret aritmatika dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika terkhusus pada materi pola baris aritmatika dan deret aritmatika, dan lain-lain.

Dalam pembelajaran PPM capaian pembelajaran mata kuliah dicapai melalui proses pembelajaran matematika sekolah yang mengutamakan adanya interaksi antara mahasiswa dan dosen, dan interaksi antara mahasiswa dan mahasiswa (interaktif), dan terintegrasi untuk memenuhi capaian pembelajaran secara keseluruhan melalui pendekatan pembelajaran matematika.

Capaian pembelajaran mata kuliah PPM ini diraih melalui proses pembelajaran matematika yang mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan karakter bangsa. Proses pembelajaran dimulai dengan mengorientasikan mahasiswa pada masalah perencanaan pembelajaran matematika terlebih dahulu, mengorientasikan kerja kelompok, presentasi, dan klarifikasi. Hal ini mengindikasikan bahwa proses pembelajaran mata kuliah ini mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan karakter bangsa.

Capaian pembelajaran mata kuliah diraih melalui proses pembelajaran matematika yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam rangka pencapaian kompetensi keterampilan dasar mengajar matematika.

Capaian Pembelajaran
  1. Menjelaskan konsep rancangan pembelajaran matematika sekolah
  2. Merancang komponen-komponen perangkat pembelajaran matematika sesuai topik pada matematika sekolah yang mengintegrasikan nilai -nilai ke-Islam-an dan mempertimbangkan
  3. Mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar matematika siswa sesuai topic pada matematika sekolahkonteks local
  4. Merancang perangkat pembelajaran matematika sekolah yang memanfaatkan TIK, mengintegrasikan nilai-nilai Ke-Islam-an dan kearifan local.
Materi
  1. Konsep dasar perencanaan pembelajaran
  2. Silabus/ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) matematika SMP, SMA, dan SMK sederajad.
  3. Prota, Proseml/Promes.
  4. RPP berbasis kurtilas / kurtilas revisi
  5. Modul ajar berbasis kurikulum merdeka
  6. Bahan ajar, media pembelajaran,
  7. LKPD/LKS
  8. Instrument penilaian sikap, instrumen pengetahuan
  9. Instrumen penilaian ketrampilan
  10. Merancang RPP matematika sekolah
  11. Merancang modul ajar matenatika sekolah
  12. Pengembangan bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan instrument penilaian
  13. Presentasi perangkat pembelajaran matematika SMP
  14. Presentasi perangkat pembelajaran matematika SMA/SMK sederajad
Penilaian
  1. Penilaian tertulis/Ujian tertulis
  2. Penilaian portofolio
  3. Penilaian unjuk kerja