Bimbingan dan Konseling

Deskripsi

Memberikan bekal pengetahuan bagi mahasiswa FKIP terhadap Bimbingan dan Konseling (BK) di Sekolah. Adapun materi tersebut meliputi: pemahaman tentang latar belakang perlunya bimbingan dan konseling, konsep dasar bimbingan dan konseling, bimbingan konseling islami, jenis kegiatan bimbingan dan konseling, masalahmasalah siswa di sekolah dan cara mengatasinya, teknik pengembangan diri melalui kegiatan ekstra kurikuler, dan layanan BK bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam seting pendidikan inklusif. Melalui MK ini, mahasiswa dapat melaksanakan layanan bimbingan dan konseling yang selaras dengan ajaran Islam yang bersumber pada Al-Quran dan Al-Hadis. Sebagaimana tersebut dalam Q.S. Ali Imran (3): 104: “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung.” Budaya keislaman juga dibangun dengan rutinitas pada awal perkuliahan yaitu membaca Al-fatihah, 5-10 ayat Al-Qur’an dan artinya, serta doa Tholabul Ilmi, sedangkan pada akhir perkuliahan membaca doa Kafarotul Majlis. Selain itu, integrasi nilai kearifan lokal dalam mata kuliah ini memiliki peran penting dalam mempersiapkan calon pendidik matematika yang berkompeten dan sensitif terhadap konteks budaya dan lingkungan.

Capaian Pembelajaran

1. Terbentuknya kompetensi pedagogik calon guru yang menguasai perananya sebagai guru/pendidik sekaligus sebagai pembimbing
2. Terbentuknya kompetensi kepribadian calon guru yang patut diteladani sebagai guru pembimbing yang islami
3. Terbentuknya kompetensi sosial calon guru yang terampil berkomunkasi edukatif baik terhadap guru sejawat, siswa masyarakat
4. Terbentuknya kompetensi profesional calon guru yang mampu mengimplementasikan BK di sekolah sesuai dengan teori dan kode etik yang berlaku
5. Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan potensi siswa (akademik dan non akademik) secara maksimal

Materi

Materi perkuliahan ini meliputi: Latar belakang perlunya layanan BK di sekolah Konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah Sifat, fungsi dan tujuan bimbingan dan konseling di sekolah Konsep dasar bimbingan konseling Islami Jenis-jenis kegiatan layanan BK di sekolah Analisis permasalahan siswa Prosedur untuk mengatasi permasalahan siswa Pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler Layanan BK bagi anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam seting pendidikan inklusi. 

Penilaian

1. Presensi
2. Tugas
3. UTS
4. UAS