Islam dan IPTEKS
Deskripsi
Secara garis besar dengan mempelajari mata kuliah ini makasiswa diharapkan mempunyai kemampuan untuk mengetahui pendidikan dalam perspektif Islam. Mata kuliah ini membicarakan tentang akal dan wahyu, dan pendidikan Islam, pengetahuan, faktor-faktor, catur pusat pendidikan islam dan keluarga sakinah. Budaya keislaman dibangun dengan rutinitas pada awal perkuliahan yaitu membaca Al-fatihah, 5-10 ayat Al-Qur’an dan artinya, serta doa Tholabul Ilmi, sedangkan pada akhir perkuliahan membaca doa Kafarotul Majlis. Strategi penyajian mata kuliah ini meliputi presentasi makalah diskusi, dan klarifikasi. penilaianakhirkeberhasilanbelajarmahasiswapadamatakuliahiniunsurkehadiran, tugas, UTS, dan UAS.
Capaian Pembelajaran
1. Menguasai konsep akal dan wahyu
2. Menguraikan Ilmu Pengetahuan dalam Islam
3. Menguasai konsep Pendidikan Islam Syariah dan catur pusat pendidikan serta implementasinya
4. Menguasai konsep pendidikan tauhid untuk peserta didik dan implemetasinya
5. Menguasai konsep keluarga sakinah dan mengamalkannya dalam keluarga serta pendidikan sekolah
Materi
Materi perkuliahan ini meliputi: 1. Pengertian Akal dan Wahyu 2. Dalil syar’i tentang akal dan wahyu 3. Makna-makna penggunaan istilah akal dan wahyu dalamalQur’an 1. Kedudukan dan fungsi akal 2. Kedudukan dan fungsi wahyu 3. Hubungan dan posisi antara akal dan wahyu dalam pemahaman islam 1. Hakikat manusia sebagai makhluk Allah 2. Potensi dasar manusia 3. Kemampuan dan cara kerja akal 4. Hakikat manusia sebagai kholifah di bumi 1. Definisi ilmu, pengetahuan, dan ilmu pengetahuan 2. sifat-sifat ilmu dalil-dalil berkaitan dengan ilmu pengetahuan 1. Dasar dalil perintah mencari ilmu 2. Kedudukan orang berilmu dalam islam 3. Pengertian ayat Qouliyah dan Kauniyah 1. Obyek yang dapat diketahui manusia versi barat dan Islam 2. Cara mengetahui obyek pengetahuan versi barat dan Islam. (metode bayani, burhani, irfani) 3. Sumber pengetahuan versi barat dan Islam 4. Peranan akal dan wahyu dalam mengembangkan ilmu pengetahuan 1. Etos keilmuan 2. Kode etik keilmuan 1. Orientasi pendidikan Islam 2. Ruang lingkup pendidikan Islam 1. Dasar pedidikan Islam 2. Batasan pendidikan Islam 3. Perkembangan pendidikan Islam di Indonesia 1. Konsep pendidikan seumur hidup 2. Hakikat pendiidkan seumur hidup 3. Implikasi konsep pendidikan seumur hidup 1. Faktor tujuan pendidikan Islam 2. Faktor pendidik 3. Faktor peserta didik 4. Faktor media pendidikan Faktor alam sekitar Tri dan Catur Pusat pendidikan 1. Filsafat ketuhanan Islam 2. Tanda orang beriman dan bertaqwa 3. Korelasi antara keimanan dan ketaqwaan 1. Konsep keluarga sakinah 2. Kiat-kiat pengantar keluarga sakinah 3. Penerapan keluarga sakinah
Penilaian
1. Presensi
2. TugasÂ
3. UTSÂ
4. UASÂ