Kewirausahaan
Deskripsi
Mata kuliah ini memberikan gambaran, praktik nyata, dan perubahan jiwa serta pola pikir untuk menjadi seorang pengusaha pemula. Pada mata kuliah kewirausahaan ini, mahasiswa melakukan praktek bisnis sebagai implementasi dari hasil observasi UMKM, penggalian ide bisnis, dan pembelajaran teori bisnis dalam upaya memajukan perekonomian pribadi, perusahaan, agama, dan negara. Proses pembelajaran mengintegrasikan karakteristik: (1) Interaktif, menggunakan metode diskusi dan tanya jawab dalam menyajikan materi, (2) Holistik, analisis bisnis dengan observasi UMKM, (3) Integratif, menyusun dan mempresentasikan pitch deck, (4) Saintifik, analisis pasar, penentuan ide bisnis, dan studi kelayakan bisnis, (5) Kontekstual, membuat produk sebagai solusi sebuah permasalahan, (6) Tematik, membuat produk sebagai solusi sebuah permasalahan pendidikan, (7) Efektif, materi disajikan secara runtut sesuai hirarki dan waktu, dan (8) Kolaboratif, menggunakan diskusi dan tugas secara berkelompok untuk menyelesaikan permasalahan, dan (9) Berpusat pada mahasiswa, implementasi ide bisnis, pembuatan business model canvas, melakukan branding, marketing, dan selling.
Capaian Pembelajaran
1. Menguasai konsep dasar kewirausahaan, sikap dan kepribadian pengusaha, faktor pemicu kewirausahaan, dan model-model bisnis, serta keuntungan dan kerugian wirusaha
2. Mengeksporasi dan menentukan ide usaha rintisan
3. Menguasai konsep perencanaan bisnis dan menentukan strategi branding, marketing, selling sebuah bisnis dan mengimplementaikannya
4. Menentukan strategi pengelolaan bisnis, membuat proposal dan pitch deck bisnis
5. Mengimplementasikan ide, konsep, dan rencana bisnis dalam praktik bisnis
Materi
Materi perkuliahan ini meliputi: 1. Konsep-konsep dasar kewirausahaan 2. Model-model bisnis 3. Keuntungan dan kerugian berwirausaha 1. Softskill pengusaha, 2. Sikap dan kepribadian dalam kewirausahaan 3. Faktor pemicu kewirausahan – Analisis Pasar – STP (Segmenting, Targeting, Positioning) – Penentuan produk bisnis – Added value produk – Unique selling point produk – Analisis Pasar – STP (Segmenting, Targeting, Positioning) – Penentuan produk bisnis – Added value produk – Unique selling point produk – Latar belakang pentingnya perencanaan bisnis – Business Model Canvas – Analisis brand dan merk terkenal – Membuat brand berdasarkan ide usaha – Menentukan strategi branding produk – Marketing 1.0, 2.0, 3.0, dan 4.0 – Analisis kebutuhan SDM – Analisis operasional bisnis – Pembuatan SOP produk, SOP SDM, laporan keuangan – Pengertian pitching bisnis – Contoh-contoh pitching bisnis – Pembuatan presentasi pitching bisnis – Strategi penyampaian pitching bisnis – Implementasi pembuatan “wow factor” produk untuk menarik konsumen – Penentuan teknik menarik konsumen – Penentuan teknik closing penjualan – Faktor – faktor penentuan harga produk – Metode hitung harga jual produk – Jenis strategi harga pasar – Strategi penetapan harga produk – Melakukan experimen penjualan produk – Uji pasar produk yang telah dibuat – Analisis penjualan – Pembuatan proposal bisnis – Pembuatan desain flyer dan visual untuk jualan.
Penilaian
1. Presensi
2. Tugas
3. UTS
4. UAS