Penilaian Hasil Belajar Matematika
Deskripsi
Mata kuliah ini bermanfaat membantu mahasiswa dalam memecahkan berbagai masalah yang terkait dengan konsep dasar penilaian dalam pembelajaran matematika, dan kemampuan matematis di sekolah menengah, dengan membuat instrument serta pengolahan data dan uji coba instrument dengan mempresentasikan dan melaporkan hasil uji instrument. Serta melakukan analisis butir soal dan membahas penilaian autentik dan penilaian berbasis kelas.Budaya keislaman dibangun dengan rutinitas pada awal perkuliahan yaitu membaca Al-fatihah, 5-10 ayat Al-Qur’an dan artinya, serta doa Tholabul Ilmi, sedangkan pada akhir perkuliahan membaca doa Kafarotul Majlis. Keberhasilan belajar mahasiswa pada mata kuliah ini menggunakan pendekatan acuan patokan (PAP) dengan unsur penilaian meliputi unsur-unsur kehadiran, tugas-tugas dan aktifitas mahasiswa dalam mengikuti kuliah, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.
Capaian Pembelajaran
1. Memahami hakekat evaluasi , penilaian dan pengukuran dalam pembelajaran
2. Memahami penyusunan tes dan non tes
3. Menganalisis validitas, reliabilitas dan menginterpretasi hasil tes
4. Mengkonversi skor mentah menjadi Nilai dengan berbagai macam skala penilaian
5. Memahami penilaian Autentik dan Penilaian berbasis kelas
Materi
Materi perkuliahan ini meliputi: Pengertian Evaluasi, Penilaian dan Pengukuran Perlunya Standar Penilaian Peranan guru, peserta didik dan sekolah Reformasi dalam penilian Menyusun tes uraian yang baik Menyusun tes obyektif yang baik Pengertian alat penilaian tes Pengertian alat penilaian non tes Validitas tes bentuk obyektif Validitas tes bentuk uraian Reliabilitas tes bentuk oyektif Reliabilitas tes bentuk uraian Indeks kesukaran Daya beda Faungsi Distraktor Pengertian skor Pengertian nilai Penilaian Acuan Norma Penilaian Acuan Patokan Megolah skor mentah menjadi nilai berskala : Huruf, skala 10, Z skor dan T skor Penilaian Autentik dan Penilaian Tradisional Prinsip dan tujuan penilain Autentik Jenis penilain Autentik Pengertian penilaianberbasis kelas Prinsip penilain berbasis kelas Sumsi yang mendasari penilian berbasis kelas Menyusun tes untuk penilaian berbasis kelas.
Penilaian
1. Presensi
2. Tugas
3. UTS
4. UAS