Perancangan Aplikasi Pembelajaran Matematika
Deskripsi
Perkuliahan mencakup prinsip-prinsip pembelajaran matematika, teori pembelajaran, dan desain interaksi yang efektif menggunakan pemanfaatan teknologi, Analisis kebutuhan pengguna dan desain interaksi dalam aplikasi, integrasikan konten pembelajaran matematika menggunakan aplikasi, pengembangkan aplikasi pembelajaran matematika. Proses pembelajaran mengintegrasikan karakteristik:
(1) Interaktif, menggunakan metode diskusi dan tanya jawab dalam menyajikan materi,
(2) Holistik, mengaitkan materi ajar dengan permasalahan nyata ,
(3) Integratif, mengaitkan materi dengan topik matematika lain dan topik di luar matematika,
(4) Saintifik, menyelesaikan permasalahan menggunakan prosedur ilmiah,
(5) Kontekstual, menyelesaikan permasalahan terkait kehidupan sehari-hari,
(6) Tematik, menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait bidang di luar matematika,
(7) Efektif, materi disajikan secara runtut sesuai hirarki dan waktu, dan
(8) Kolaboratif, menggunakan diskusi dan tugas secara berkelompok untuk menyelesaikan permasalahan, dan (9) Berpusat pada mahasiswa, membuat rancangan aplikasi pembelajaran matematika Menerapkan kearifan lokal dalam perkuliahan berkaitan dengan penggunaan macam-macam bangun datar dalam bangunan budaya, penggunaan motif batik dalam ornamen alat peraga manipulatif. Budaya keislaman dibangun dengan rutinitas pada awal perkuliahan yaitu membaca Al-fatihah, surah pendek pada AlQur’an, dan doa Tholabul Ilmi. Pada akhir perkuliahan ditutup dengan membaca doa Kafarotul Majlis.
Capaian Pembelajaran
1. Menjelaskan definisi game berbasis komputer dan sejarah perkembangannya
2. Menganalisis berbagai jenis game secara umum dan khusus
3. Menjelaskan konsep pembelajaran berbasis game dan pengembangan game edukasi
4. Artificial Intelligence (AI) dalam game
5. Mengembangkan game pembelajaran matematika
Materi
Materi perkuliahan ini meliputi:
1. Game berbasis computer
2. Sejarah perkembangan game berbasis komputer
3. Jenis-jenis game secara umum
4. Jenis game khususnya dalam pembelajaran matematika
6. Game dalam pembelajaran
7. Pengertian serious game
8. Pembelajaran berbasis game
9. Game edukasi dalam pembelajaran matematika perangkat lunak dalam pengembangan game pembelajaran Artificial intelligence dalam game perangkat lunak 2 dimensi untuk mengembangkan game pembelajaran matematika Perangkat lunak 3 dimensi untuk mengembangkan game pembelajaran matematika
Penilaian
1. Presensi
2. Tugas
3. UTS
4. UAS