Praktikum Pemprograman Visual

Deskripsi

Praktikum Pemrograman Visual pada hakekatnya merupakan ilmu pengembangan dan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran matematika. Mahasiswa perlu Menguasai konsep teoritis dan prinsip didaktik- pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan pembelajaran inovatif berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge). (Pendidik Matematika yang menguasai TPACK).

Adapun konten Praktikum Pemrograman Visual meliputi penggunaan software Delphi untuk membatu komputasi dan merencanakan pembelajaran inovatif berbasis TPACK, yaitu 1. Pengantar pemrograman, diagram alir dan program aplikasi visual, 2. Event, form, dan button dalam program, 3. Tipe data dan operator, 4. Percabangan dan Perulangan, 5. Array, Procedure dan Function, 6. Dynamic Linking Library (DLL), 7. Database, 8. Object Linking dan Embedding (OLE), 9. Konsep API (Application Programming Interface) dan Multimedia. Proses pembelajaran mengintegrasikan karakteristik: (1) Interaktif, menggunakan metode diskusi dan tanya jawab dalam menyajikan materi, (2) Holistik, mengaitkan materi ajar dengan permasalahan nyata , (3) Integratif, mengaitkan materi dengan topik matematika lain dan topik di luar matematika, (4) Saintifik, menyelesaikan permasalahan menggunakan prosedur ilmiah, (5) Kontekstual, menyelesaikan permasalahan terkait kehidupan sehari-hari, (6) Tematik, menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait bidang di luar matematika, (7) Efektif, materi disajikan secara runtut sesuai hirarki dan waktu, dan (8) Kolaboratif, menggunakan diskusi dan tugas secara berkelompok untuk menyelesaikan permasalahan, dan (9) Berpusat pada mahasiswa, menganalisis permasalahan numerik. Budaya keislaman dibangun dengan rutinitas pada awal perkuliahan yaitu membaca Al-fatihah, surah pendek pada AlQur’an, dan doa Tholabul Ilmi. Pada akhir perkuliahan ditutup dengan membaca doa Kafarotul Majlis.

Capaian Pembelajaran
  1. Menjelaskan pemrograman visual, diagram alir, dan lingkungan pemrograman visual.
  2. Menggunakan form. obyek, Scheme, property, alat field, tipe data, variabel, dan operator dalam program.
  3. Menggunakan percabangan, perulangan,array, procedure dan function dalam program.
  4. Menggunakan DLL (Dynamic Linking Library), database, dan OLE (Object Linking dan Embeding) dalam program.
  5. Menggunakan API (Application Programming Interface) dan merancang program aplikasi.
Materi

Materi perkuliahan ini meliputi:
1. Pengantar pemrograman visual dan diagram alir
2. Pengenalan lingkungan pemrograman visual.

Form, obyek, Scheme, property, dan alat field dalam program
1. Tipe data dan variabel
2. Operator dalam program

1. Percabangan dalam program
2. Perulangan dalam program

1. Array dalam program
2. Procedure dan function dalam program.

Penilaian

1. Presensi
2. UTS
3. UAS
4. Tugas
5. Tes lisan
6. Tes Tertulis