Praktikum Penilaian Hasil Belajar Matematika

Deskripsi

Mata kuliah Praktikum Penilaian Hasil Belajar Matematika dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan alat penilaian hasil belajar di bidang matematika. Praktikum ini mencakup konsep-konsep dasar penilaian pembelajaran matematika, penerapan teknik-teknik penilaian yang beragam, serta analisis dan interpretasi hasil penilaian untuk mendukung pengambilan keputusan pembelajaran yang efektif.

Capaian Pembelajaran

1. Menganalisis hasil belajar matematika menggunakan Microsoft Excel
2. Menganalisis hasil belajar matematika menggunakan ANATES
3. Menganalisis hasil belajar matematika menggunakan SPSS
4. Menganalisis hasil belajar matematika menggunakan ITEMAN
5. Menguji CVI dan reliabilitas antar raters

Materi

Materi perkuliahan ini meliputi:
1. Menentukan tingkat validitas menggunakan Excel
2. Menentukan tingkat reliabilitas menggunakan Excel

1. Menentukan daya beda menggunakan Excel
2. Menentukan daya pengecoh menggunakan Excel
3. Menentukan tingkat kesukaran menggunakan Excel Memahami langkah-langkah analisis soal pilihan ganda menggunakan ANATES Menganalisis soal pilihan ganda menggunakan ANATES Menginterpretasi hasil analisis soal pilihan ganda

1. Memahami apa itu ANATES dan fungsinya dalam menganalisis soal uraian.
2. Mampu menggunakan ANATES untuk menghitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal uraian.
3. Mampu menginterpretasikan hasil analisis soal uraian menggunakan ANATES untuk meningkatkan kualitas soal. Memahami konsep reliabilitas dan validitas soal. Menghitung tingkat reliabilitas dan validitas soal dengan menggunakan SPSS. Menginterpretasi hasil analisis reliabilitas dan validitas soal.

1. Memahami konsep daya beda, tingkat kesukaran, dan daya pengecoh soal.
2. Mampu menghitung daya beda, tingkat kesukaran, dan daya pengecoh soal menggunakan SPSS.
3. Menginterpretasikan hasil analisis daya beda, tingkat kesukaran, dan daya pengecoh soal.

1. Memahami konsep analisis soal dan pentingnya dalam pembelajaran matematika.
2. Mampu menggunakan program ITEMAN untuk menganalisis soal pilihan ganda dan soal uraian.
3. Mampu menginterpretasikan hasil analisis soal untuk meningkatkan kualitas soal dan pembelajaran.

1. Memahami konsep dasar PAN dan PAP
2. Menganalisis kelebihan dan kekurangan PAN dan PAP
3. Memilih jenis penilaian yang tepat untuk tujuan pembelajaran tertentu
4. Menerapkan PAN dan PAP dalam praktik pembelajaran
1. Memahami konsep reliabilitas antar rater.
2. Menghitung realiabilitas antar rater menggunakan rumus Inter Rater Cohen’s Kappa dan Inter Class Correlation (ICC).
3. Menginterpretasikan hasil perhitungan reliabilitas antar rater.

1. Memahami konsep validitas internal dan mengapa pengujiannya penting.
2. Menghitung Aiken’s Coefficient Value (ACV), Individual Content Validity Index (I-CVI), dan Scale Content Validity Index (S-CVI) untuk menguji validitas internal instrumen.
3. Menginterpretasikan hasil perhitungan ACV, I-CVI, dan S-CVI. 

Penilaian

1. Presensi
2. Tugas
3. UTS
4. UAS