Problematika Pembelajaran Matematika
Deskripsi
Dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mempunyai
kemampuan untuk identifikasi, eksplorasi dan mencari solusi pemecahan
masalah. Secara garis besar membahas tentang Identifikasi masalah
keterkaitannya dengan kesulitan belajar siswa, pemanfaatan model-model
pembelajaran inovasi, miskonsepsi dan Hots serta pemanfaatan teknologi dalam
pembelajaran matematika di SMP, SMA/SMK serta menentukan rencana solusi
dan evaluasi dari berbagai permasalahan pembelajaran matematika di SMP, SMA
dan SMK. Mengkaji isu-su keterkaitannya dengan kurikulum, pembelajaran
matematika, penilaian dan penggunaan IT dalam pembelajaran matematika
.
Dalam proses pembelajaran melalui tahapan (1) Interaktif, proses pembelajaran
untuk matakuliah statistika Dasar terjadi interaksi antara dosen dengan mahasiswa,
mahasiswa dengan mahasiswa, maupun dosen dengan dosen, (2) Holistik, yaitu
dengan mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan
menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal dan nasional, (3) Integratif,
proses pembelajaran dilaksanakan terintegrasi dengan matakuliah penelitian, (4)
Saintifik, proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah, melalui
pengujian hipotesis, (5) Kontekstual, proses pembelajaran yang tertumpu pada
pemecahan masalah keterkaitan dengan kehidupan sehari hari, (6) Tematik, proses
pembelajaran sesuai dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan
dengan permasalahan nyata dengan pendekatan transdisiplin, yaitu
mengiplementasikan dalam penelitian, (7) Efektif, pada proses pembelajaran telah
dibuat rencana pembelajaran dengan memperhatika materi dan waktu secara baik
dan benar dengan waktu yang optimum, (8) Kolaboratif, proses pembelajaran yang
melibatkan interaksi antar mahasiswa, melalui diskusi dan (9) Berpusat pada
mahasiswa, proses pembelajaran menggunakan pendekatan pemecahan masalah,
sehingga dapat pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, kebutuhan
mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan
pengetahuan.
Budaya keislaman dibangun dengan rutinitas pada awal perkuliahan yaitu membaca
Al-fatihah, 5-10 ayat Al-Qur’an dan artinya, serta doa Tholabul Ilmi, sedangkan pada
akhir perkuliahan membaca doa Kafarotul Majlis.
Capaian Pembelajaran
- Mengidentifikasi dan mengeksplorasi masalah keterkaitannya dengan kesulitan belajar siswa, pemanfaatan model-model pembelajaran inovasi, miskonsepsi dan Hots serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di SMP.
- Menentukan rencana solusi dan evaluasi dari berbagai permasalahan pembelajaran matematika di SMP
- Mengidentifikasi dan mengeksplorasi masalah keterkaitannya dengan kesulitan belajar siswa, pemanfaatan model-model pembelajaran inovasi, miskonsepsi dan Hots serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di SMA/SMK.Â
- Menentukan rencana solusi dan evaluasi dari berbagai permasalahan pembelajaran matematika di SMA/SMK
- Menjelaskan isu-su keterkaitannya dengan kurikulum, pembelajaran matematika, penilaian dan penggunaan IT dalam pembelajaran matematika
Materi
Materi perkuliahan ini meliputi:
1. Kompetensi professional sebagai guru matematika di SMP
2. Kompetensi kepribadian dan sosial
3. Kompetensi pedagogik yang meliputi model-model yang inovatif, asesmen, literasi, numerasi, media pembelajaran, TPACK Eksplorasi keterkaitan dengan kesulitan belajar siswa, pemanfaatan model-model pembelajaran inovasi, miskonsepsi dan Hots serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di SMP Permasalahan materi SMP keterkaitannya dengan
1. Kesulitan siswa dalam memahami materi matematika (aljabar, Geometri, Aritmatika dan statistika)
2. Model pembelajaran yang inovatif
3. Asesmen
4. TPACK
1. Kesulitan siswa SMA/SMK dalam belajar matematika
2. Implementasi model pembelajaran yang inovatif di SMA/SMK
3. Implementasi TPACK di pembelajaran matematika SMA/SMK
4. Penilaian berbasis HOTS di pembelajaran matematika SMA/SMK Eksplorasi masalah keterkaitannya
1. Kesulitan siswa SMA/SMK dalam belajar matematika
2. Implementasi model pembelajaran yang inovatif di SMA/SMK
3. Implementasi TPACK di pembelajaran matematika SMA/SMK
4. Penilaian berbasis HOTS di pembelajaran matematika SMA/ SMK Permasalahan materi SMA/SMK keterkaitannya dengan
1. Kesulitan siswa dalam memahami materi matematika (aljabar, Geometri, Aritmatika dan statistika)
2. Model pembelajaran yang inovatif
3. Asesmen
4. TPACK isu-su keterkaitannya dengan
1. kurikulum,
2. pembelajaran matematika,
3. penilaian dan
4. penggunaan IT dalam pembelajaran matematika
Penilaian
1. Partisipasi
2. Fortofolio
3. Unjuk Kerja