Problematika Pembelajaran Matematika

Deskripsi

Dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan untuk identifikasi, eksplorasi dan mencari solusi pemecahan masalah. Secara garis besar membahas tentang Identifikasi masalah keterkaitannya dengan kesulitan belajar siswa, pemanfaatan model-model pembelajaran inovasi, miskonsepsi dan Hots serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di SMP, SMA/SMK serta menentukan rencana solusi dan evaluasi dari berbagai permasalahan pembelajaran matematika di SMP, SMA dan SMK. Mengkaji isu-su keterkaitannya dengan kurikulum, pembelajaran matematika, penilaian dan penggunaan IT dalam pembelajaran matematika . Dalam proses pembelajaran melalui tahapan (1) Interaktif, proses pembelajaran untuk matakuliah statistika Dasar terjadi interaksi antara dosen dengan mahasiswa, mahasiswa dengan mahasiswa, maupun dosen dengan dosen, (2) Holistik, yaitu dengan mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal dan nasional, (3) Integratif, proses pembelajaran dilaksanakan terintegrasi dengan matakuliah penelitian, (4) Saintifik, proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah, melalui pengujian hipotesis, (5) Kontekstual, proses pembelajaran yang tertumpu pada pemecahan masalah keterkaitan dengan kehidupan sehari hari, (6) Tematik, proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan dengan permasalahan nyata dengan pendekatan transdisiplin, yaitu mengiplementasikan dalam penelitian, (7) Efektif, pada proses pembelajaran telah dibuat rencana pembelajaran dengan memperhatika materi dan waktu secara baik dan benar dengan waktu yang optimum, (8) Kolaboratif, proses pembelajaran yang melibatkan interaksi antar mahasiswa, melalui diskusi dan (9) Berpusat pada mahasiswa, proses pembelajaran menggunakan pendekatan pemecahan masalah, sehingga dapat pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan. Budaya keislaman dibangun dengan rutinitas pada awal perkuliahan yaitu membaca Al-fatihah, 5-10 ayat Al-Qur’an dan artinya, serta doa Tholabul Ilmi, sedangkan pada akhir perkuliahan membaca doa Kafarotul Majlis.

Capaian Pembelajaran
  1. Mengidentifikasi dan mengeksplorasi masalah keterkaitannya dengan kesulitan belajar siswa, pemanfaatan model-model pembelajaran inovasi, miskonsepsi dan Hots serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di SMP.
  2. Menentukan rencana solusi dan evaluasi dari berbagai permasalahan pembelajaran matematika di SMP
  3. Mengidentifikasi dan mengeksplorasi masalah keterkaitannya dengan kesulitan belajar siswa, pemanfaatan model-model pembelajaran inovasi, miskonsepsi dan Hots serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di SMA/SMK. 
  4. Menentukan rencana solusi dan evaluasi dari berbagai permasalahan pembelajaran matematika di SMA/SMK
  5. Menjelaskan isu-su keterkaitannya dengan kurikulum, pembelajaran matematika, penilaian dan penggunaan IT dalam pembelajaran matematika
Materi

Materi perkuliahan ini meliputi:
1. Kompetensi professional sebagai guru matematika di SMP
2. Kompetensi kepribadian dan sosial
3. Kompetensi pedagogik yang meliputi model-model yang inovatif, asesmen, literasi, numerasi, media pembelajaran, TPACK Eksplorasi keterkaitan dengan kesulitan belajar siswa, pemanfaatan model-model pembelajaran inovasi, miskonsepsi dan Hots serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di SMP Permasalahan materi SMP keterkaitannya dengan

1. Kesulitan siswa dalam memahami materi matematika (aljabar, Geometri, Aritmatika dan statistika)
2. Model pembelajaran yang inovatif
3. Asesmen
4. TPACK

1. Kesulitan siswa SMA/SMK dalam belajar matematika
2. Implementasi model pembelajaran yang inovatif di SMA/SMK
3. Implementasi TPACK di pembelajaran matematika SMA/SMK
4. Penilaian berbasis HOTS di pembelajaran matematika SMA/SMK Eksplorasi masalah keterkaitannya

1. Kesulitan siswa SMA/SMK dalam belajar matematika
2. Implementasi model pembelajaran yang inovatif di SMA/SMK
3. Implementasi TPACK di pembelajaran matematika SMA/SMK
4. Penilaian berbasis HOTS di pembelajaran matematika SMA/ SMK Permasalahan materi SMA/SMK keterkaitannya dengan

1. Kesulitan siswa dalam memahami materi matematika (aljabar, Geometri, Aritmatika dan statistika)
2. Model pembelajaran yang inovatif
3. Asesmen
4. TPACK isu-su keterkaitannya dengan

1. kurikulum,
2. pembelajaran matematika,
3. penilaian dan
4. penggunaan IT dalam pembelajaran matematika

Penilaian

1. Partisipasi
2. Fortofolio
3. Unjuk Kerja