Statistika Dasar

Deskripsi

Dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah, khususnya keterkaitan dengan penelitian. Secara garis besar materi pendukung, yaitu peran statistika dalam penelitian;  Penyajian data : dalam bentuk tabel dan diagram; ukuran tendensi sentaral,  ukuran penyimpangan, momen dan kurtosis; distribusi normal, t dan F; pengujian hipotesis mean dan beda mean; analisis variansi satu jalur dan dua jalur dan analisis korelasi dan regresi. Dalam proses pembelajaran melalui tahapan (1) Interaktif, proses pembelajaran untuk matakuliah statistika Dasar terjadi interaksi antara dosen dengan mahasiswa, mahasiswa dengan mahasiswa, maupun dosen dengan dosen, (2) Holistik, yaitu dengan mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal dan nasional, (3) Integratif, proses pembelajaran dilaksanakan terintegrasi dengan matakuliah penelitian, (4) Saintifik, proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah, melalui pengujian hipotesis, (5) Kontekstual, proses pembelajaran yang tertumpu pada pemecahan masalah keterkaitan dengan kehidupan sehari hari, (6) Tematik, proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan dengan permasalahan nyata dengan pendekatan transdisiplin, yaitu mengiplementasikan dalam penelitian, (7) Efektif, pada proses pembelajaran telah dibuat rencana pembelajaran dengan memperhatika materi dan waktu secara baik dan benar dengan waktu yang optimum, (8) Kolaboratif, proses pembelajaran yang melibatkan interaksi antar mahasiswa, melalui diskusi dan (9) Berpusat pada mahasiswa, proses pembelajaran menggunakan pendekatan pemecahan masalah, sehingga dapat pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan. Budaya keislaman dibangun dengan rutinitas pada awal perkuliahan yaitu membaca Al-fatihah, 5-10 ayat Al-Qur’an dan artinya, serta doa Tholabul Ilmi, sedangkan pada akhir perkuliahan membaca doa Kafarotul Majlis.

Capaian Pembelajaran
  1. Menggunakan statistika deskriptif untuk memecahkan masalah
  2. Menggunakan distribusi normal dan distribusi t untuk memecahkan masalah
  3. Menggunakan pengujian hipotesis untuk mean dan beda mean dalam memecahkan masalah
  4. Melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis variansi satu jalur dan dua jalur untk memecahkan masalah penelitian
  5. Melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi untuk memecahkan masalah penelitian
Materi

Penyajian Data :
1. Penyajian data dalam bentuk table frekuensi. 
2. Penyajian data dalam bentuk diagram ( garis, batang, lingkaran, pictogram, histogram dan polygon).
3. Ukuran tendensi sentral untuk data tunggal dan bergolong;
4. Kuartil, desil dan persentil untuk data tunggal dan bergolong;
5. Variansi dan standar deviasi untuk data
tunggal dan bergolong; dan
6. Momen, kortosis dankemiringan

Penilaian

1. Presensi
2. UTS
3. UAS
4. Tugas