Visi
Menghasilkan calon pendidik matematika yang Islami dan memiliki ilmu pengetahuan serta keterampilan matematika abad 21 berbasis kearifan lokal.
Tujuan
Tujuan pendidikan program studi atau Program Educational Objective (PEO) merupakan pernyataan umum yang menggambarkan apa yang diharapkan akan dicapai lulusan dalam kurun waktu 3-5 tahun setelah lulus. Adapun tujuan prodi meliputi:
PEO 1. Lulusan Pendidikan Matematika UMS mampu mengembangkan matematika dan pembelajarannya sesuai nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal secara berkelanjutan
PEO 2. Lulusan Pendidikan Matematika UMS mampu mengaplikasikan pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah terkait konten matematika dan pendidikan matematika dalam karir profesionalnya
PEO 3. Lulusan Pendidikan Matematika UMS mampu berkomunikasi dan berkolaborasi pada level lokal, nasional atau internasional dalam menjalankan tugas profesionalnya sesuai nilai-nilai keislaman.
Capaian Pembelajaran Lulusan
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) program studi Pendidikan Matematika UMS meliputi:
CPL 1. Menginternalisasi nilai-nilai al Islam dan kemuhammadiyahan, serta berjiwa Pancasila
CPL 2. Mengembangkan sikap disiplin, mandiri, bertanggungjawab, berpikir kritis dan kreatif, kerjasama, dan berkomunikasi secara efektif
CPL 3. Menguasai konsep dasar ilmu pendidikan dan pedagogik-didaktik matematika serta menerapkannya dalam perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dengan mempertimbangkan konteks lokal
CPL 4. Menguasai konsep matematika untuk mendukung pembelajaran matematika sekolah dan studi lanjut, serta untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari
CPL 5. Menguasai konsep metodologi penelitian pendidikan matematika dengan merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dalam bidang pendidikan matematika dan mendiseminasikannya kepada masyarakat
CPL 6. Menguasai prinsip pengembangan dan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran matematika
CPL 7. Menguasai prinsip kewirausahaan dan menerapkannya dalam bidang pendidikan matematika atau bidang yang lain