Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS yang merupakan calon guru matematika, sudah semestinya sejak dini ditanamkan kesadaran bahwa belajar matematika di perguruan tinggi tidaklah sama dengan di sekolah. Selain itu, mereka dituntut untuk dapat mencintai matematika karena di tangan merekalah kelak para peserta didik diharapkan dapat mempelajari matematika dengan mudah dan menyenangkan. Untuk itu, di masa pandemi covid-19 saat ini, mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS perlu mendapat wawasan tentang bagaimana strategi belajar matematika di perguruan tinggi yang menyenangkan sehingga mereka dapat lebih termotivasi dalam menuntut ilmu di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS, di mana ilmu yang mereka peroleh bisa menjadi bekal menjadi guru di masa yang akan datang.
Penyelenggaraan kuliah umum bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS bertujuan untuk: (1) Memberikan motivasi pada mahasiwa baru agar selama masa pandemi covid-19 tetap memiliki rasa senang, antusias, dan penuh minat dalam mempelajari matematika, (2) Mengubah pandangan mahasiswa baru terhadap matematika bukan sebagai sesuatu yang abstrak dan membosankan, (3) Memantapkan pilihan mahasiswa baru dalam menempuh studi di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS.
Kuliah umum dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Juli 2021 secara online dengan zoom video conference. Adapun acara dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Tema yang diangkat yaitu “Belajar Matematika Di Masa Pandemi Covid-19: Peluang Dan Tantangan” menghadirkan pembicara dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) yaitu Dr. Sigid Edy Purwanto, M.Pd. Moderator yang mengawal jalannya acara inti yaitu Annisa Swastika, S.Si., M.Pd. Jumlah peserta yang hadir yakni 157 mahasiswa semester II kelas A, B, C, dan D. Pemateri memaparkan bagaimana peluang dan tantangan belajar matematika di masa pandemi. Narasumber menyampaikan beberapa strategi belajar matematika di perguruan tinggi yang menyenangkan yang dapat digunakan oleh mahasiswa, khususnya semester II yang baru saja menjalani perubahan pola belajar dari sekolah menengah ke perguruan tinggi. Strategi tersebut antara lain (1) ubah pola pikir, matematika itu pelajaran menyenangkan; (2) cobalah menyusun rumus dengan rapi, agar lebih paham sesuai cara yang kamu sukai; (3) jangan pernah menghafal rumus, namun pahami konsep dari rumus yang ada; (4) mengerjakan latihan soal bersama dengan teman; dan (5) jangan segan bertanya jika memang belum paham dengan materi
yang diberikan dosen. Narasumber juga menambahkan hal yang perlu dipahami oleh mahasiswa bahwa dalam pembelajaran daring kita bebas berekspresi, bebas mencari sumber pembelajaran dari berbagai sumber. Hal tersebut berbeda dengan pembelajaran luring yang secara umum hanya bergantung pada buku paket saja. Selain itu, narasumber memberikan gambaran bahwa sebenarnya esensi belajar di kampus adalah untuk bisa mengajarkan kembali apa yang sudah kita pelajari kepada orang lain.
Kegiatan inti ditutup dengan adanya tanya jawab terkait peluang, tantangan, dan strategi belajar yang dihadapi mahasiswa selama belajar matematika di masa pandemi sekarangini.